Peringati Hari Ozon Internasional, HW UMS Lakukan Tanaman Pohon

Tanggal 16 September diperingati sebagai hari Ozon Internasional. Untuk meperingatinya, Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Surakarta (HW UMS) lakukan penanaman pohon di Kentingan, Surakarta, pada hari Rabu (16/9/2020). Kegiatan ini serentak di laksanakan oleh Hizbul Wathan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah se-Indonesia. Kegiatan ini bertajuk ‘Gerakan Penanaman 1000 Pohon Dari Penuntun Indonesia’.

HW UMS sendiri, menanam 100 bibit pohon. 50 pohon Trembesi dan 50 pohon Ketapang Kencana. “Jenis Pohon ini dipilih karena lahan yang kita tanami butuh pohon pelindung” ujar Ridwan Rido Allah selaku Ketua HW UMS.

Lahan seluas kurang lebih 300 meter persegi itu, berhasil ditanam berkat kerjasama antara HW UMS, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) kota Surakarta dan masyarakat sekitar. Sekitar 50 orang bergotong royong menanam pohon untuk kelestarian lingkungan.

Penanam pohon ini sebagai usaha untuk melindungi bumi dan mengurangi kerusakan ozon bumi. “harapannya kedepan agenda semacam ini bisa menyadarkan masyarakat akan pentingnya pohon dan hutan untuk kebutuhan manusia dan merawat bumi” ucap Ridwan. (Risqi)