Rektor UMS : Milad ke-108 Wujud Refleksi Muhammadiyah Membantu Bangsa dalam Menangani Covid-19

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si menyatakan, resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah yang digelar pada Rabu, (18/11/20) memiliki pesan khusus terkait peran Muhammadiyah kepada bangsa dan negara dalam menangani pandemi Covid-19. “Di masa pandemi ini Muhammadiyah ingin menunjukkan kepada dunia, tidak hanya Indonesia saja, bahwa Muhammadiyah tetap berkomitmen terhadap kemanusiaan dengan segala upaya-upaya yang telah dilakukan,” ungkap Sofyan Anif kepada wartawan.

Salah satu upaya yang dilakukan Muhammadiyah, kata Sofyan Anif yakni dibentuknya MCCC (Muhammadiyah Covid-19 Command Center) dari tingkat daerah (PDM) sampai ke tingkat pusat. “Sehingga harapan kita, ada nilai positif yang kita ambil. Kita utamakan kemanusiaan dan kesehatan itulah yang menjadi identitas khas Muhammadiyah ketika bangsa ini menghadapi masalah. Sampai saat ini peran MCCC terus kita kembangkan, bahkan di setiap lini. Tidak hanya sekedar mengkampanye protokol kesehatan tetapi juga ada upaya upaya membantu secara riil. Termasuk di UMS sendiri, para orang tua mahasiswa yang terkena Covid-19 itu kita bebaskan SPP selama setahun,” sambungnya.

Kepedulian Muhammadiyah terhadap persoalan penanganan pandemi Covid-19 ini dilakukan secara total. “Jadi kepedulian itu tidak hanya waktu penanganan Covid saja, akan tetapi juga sekaligus dari sisi sosial kemanusiaan,” jelas Sofyan Anif, yang menjadi Penanggung Jawab Pelaksanaan Resepsi Milad dari lokasi Edutorium UMS.

Pelaksanaan resepsi Milad ke-108 Muhammadiyah yang digelar Rabu, (18/11/20) dilangsungkan dari tiga titik secara bersamaan yakni Masjdi At Tanwir Jakarta, Edutorium UMS Solo dan Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta. Selain itu juga ada sesi interaksi dengan beberapa pengurus wilayah di sejumlah kota di Indonesia.

Karena masih dalam suasana pandemi, maka resepsi Milad Muhammadiyah tahun ini lebih banyak dilakukan secara daring. Warga Muhammadiyah bisa menyaksikan melalui media siaran TV Mu, YouTube Muhammadiyah channel, Facebook Persyarikatan Muhammadiyah dan Instagram @Lensamu serta aplikasi zoom. (Bangkit N/Humas).

Nov 19, 12:08 AM