Teknik Mesin UMS Kini Terakreditasi A. Dekan Menyebut Ini Tantangan untuk Membuktikan Kualitas

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) menetapkan Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) terakreditasi A pada akhir bulan September, tepatnya tanggal 29 September 2020. Status akreditasi tersebut, berdasarkan Asesmen Lapangan yang telah dilakukan sebelumnya, dengan nilai 372.

Dekan Fakultas Teknik Ir. Sri Sunarjono, M.T., Ph.D. menyebutkan, ini merupakan pengakuan dari kualitas. Maka tanggung jawab berikutnya adalah membuktikannya dengan semakin meningkatkan kualitas baik dosen maupun mahasiswanya. “Kami merasa sangat senang mendapat pengakuan ini. Karena ini menjadi salah satu indikator untuk kemajuan program studi teknik mesin juga fakultas teknik,” ungkapnya.

Dekan Fakuktas Teknik ini berharap hal-hal yang masih kurang baik di bidang pengembangan visi misi tata kelola kemudian juga pengembangan prestasi dan kinerja mahasiswa, serta peningkatan pengembangan SDM bisa segera diperbaiki.

“Pengembangan kurikulum, sarana dan prasarana semakin ditingkatkan. Sehingga bisa mencetak lulusan yang saleh, profesional dalam bekerja dan memiliki cita-cita membangun bangsa dan Negara,” lanjutnya.

Dengan demikian, dari 6 prodi di Fakultas Teknik, 4 prodi sudah terakreditasi A dan selebihnya terakreditasi B. Empat prodi fakultas teknik yang telah terakreditasi A antara lain, Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Industri, dan Teknik Arsitek. “Teknik Kimia dan Teknik Elektro terakreditasi B. Kami sedang menunggu jadwal Asesmen Lapangan Teknik Elektro yang insya Allah akan dilakukan,” pungkas Sri Sunarjono. (Risqi/Humas)