You are currently viewing Tiga Prodi S2 Pendidikan UMS secara Bersamaan Raih Prestasi Terkreditasi Unggul

Tiga Prodi S2 Pendidikan UMS secara Bersamaan Raih Prestasi Terkreditasi Unggul

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pada periode yang hampir bersamaan tiga Prodi Magister (S2) di lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) langsung meraih prestasi terakreditasi unggul (A) setelah melalui tahapan penyusunan borang sangat komprehensif, pengusulan tepat waktu, penilaian deks evaluation, penilaian lapangan (AL) yang dilakukan pada Juli 2020.

Ketiga prodi yang meraih akreditasi unggul (A) dari BAN PT tersebut adalah Prodi S2 Manajemen Pendidikan, S2 PGSD, dan S2 Pendikan Bahasa Indonesia. Raihan akreditasi unggul (A) ketiga tersebut akan semakin memperkuat 8 Prodi Pendidikan S1 yang sudah lebih dahulu memperoleh terakreditasi A, yaitu P Akuntansi, PPKn, P Bhs Indonesia, P Babasa Inggris, PMatematika, P Biologi, PGSD, dan P Geografi. “Hampir keseluruhannya Prodi Pendidikan baik jenjang Sarjana S1 maupun Magister S2 yang sudah terakreditasi Unggul A mencapai 80%,” ungkap Dekan FKIP UMS, Prof Dr Harun Joko Prayitno, Senin (28/7/2020).

Untuk meraih perolehan status tersebut FKIP UMS, lanjut Harun Joko Prayitno, pihaknya telah mempersiapkan diri dengan sangat matang dan melakukan terobosan pengembengan reputasi akademik serta penguatan kelembagaan strategis. “Misalnya, student exchange mencapat di atas 178 dalam setiap tahunnya, meningkatkan luaran publikasi ilmiah terindeks Scopus mencapai 226 dokumen, implementasi kerja sama riset dan invited speakers, visiting profesor di sejumlah education faculty di luar negeri Mesir, Malysia, Thailand, Philipine, Vietnem, Swedia, dan lainnya,” ungkapnya.

Ditambahkannya, sejalan dengan visi unggul FKIP UMS menghasilkan lulusan guru profesional sejati, yang berkepribadian Islami, dan sebagai inisiator penggerak perubahan pendidikan dalam konteks komputasi global maka FKIP UMS melakukan terobosan dengan berindak sebagai inisiator penggerak sekolah-sekolah dasar menengah Muhammadiyah di berbagai pelosok tanah air swjak dari Medan, Bangka, Babel, Makassar, Mataram, Palu, Kendari, Sorong, dan Raja Ampat.

“FKIP UMS sekaligus memperoleh mandat sebagai LPTK pengasuh bagi LTPK PTM nasional yang sedang dalam proses tumbuh kembang. Reputasi dan terobosan akan terus dilakukan termasuk menaikkan 50% jumlah dosen berkualifikasi doktor dan profesor.” (Risqi/Humas)