You are currently viewing Tak Sekedar Brosur, SMAN 1 Banjarsari Ciamis Kenali UMS Melalui Kunjungan Studi

Tak Sekedar Brosur, SMAN 1 Banjarsari Ciamis Kenali UMS Melalui Kunjungan Studi

  • Post author:
  • Post category:Berita

Setelah SMK Muhammadiyah Cawas Klaten mengadakan outing class di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), kini menyusul sebanyak 385 siswa SMA Negeri 1 Banjarsari, Ciamis, Jawa Barat mengadakan studi di kampus UMS Pabelan. Kunjungan Senin (15/1) yang dipimpin oleh Kepala SMAN 1 Banjarsari Drs. H. Irsadul Hayat, M.M, disambut oleh Sekretaris Rektor Dr. Anam Sutopo, S.Pd, M.Hum, Kepala Bagian Humas dan Media Drs. Budi Santoso M.Si, dan Kepala Sub Bagian Promosi dan Pemasaran UMS Maryadi, di Lantai 7 Gedung Induk Siti Walidah UMS.

“Kami baru pertama kali berkunjung ke UMS. Kunjungan ini bertujuan untuk mengetahui informasi terkait perguruan tinggi khususnya UMS,” ungkap Drs. H. Irsadul Hayat, M.M selaku kepala sekolah.

Menurut Irsadul, kunjungan ke UMS ini, SMAN 1 Banjarsari membawa rombongan 385 siswa dari kelas 11 terdiri dari 226 siswa jurusan IPA dan 159 siswa jurusan IPS. Selain itu ada 31 guru yang mendampingi siswa.

Sementara itu, Sekretaris Rektor UMS, Dr. Anam Sutopo, S.Pd, M.Hum. mengemukakan, sebagai perguruan tinggi swasta UMS ingin menggandeng berbagai pihak. “Begitupun lewat kunjungan ini, siswa dapat melihat langsung gedung dan fasilitas UMS, tidak hanya lewat iklan,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Anam menyampaikan, seputar kampus UMS, diantaranya sejarah beridirinya UMS, jumlah mahasiswa, prestasi UMS, fasilitas UMS dan prestasi mahasiswa UMS. Sebagai perguruan tinggi swasta yang terakraditasi A, UMS mengutamakan kualitas bukan kuantitas.

“Jadi kalau mau bergabung dengan UMS jangan khawatir. Tenaga pengajar di UMS tidak kurang dari 1.000 orang baik lulusan dalam negeri maupun luar negeri, 40 persen sudah doktor. UMS memiliki 21 guru besar, ini terbanyak dilingkungan kampus Muhammadiyah,” jelasnya.

Terkait beasiswa yang disediakan oleh UMS, menurut Dr. Anam, diantaranya ada beasiswa unggulan, beasiswa hafidz Qur’an, beasiswa K.H. Ahmad Dahlan. Selain itu juga beasiswa dari luar UMS seperti bidik misi, Bank Jateng dan Toyota Astra. Khusus untuk beasiswa hafidz Qur’an calon mahasiswa harus menghafal minimal 15 Juz.

Usai acara pembukaan pemyambutan dan penyerahan cindera mata, siswa jurusan IPS berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Sementara itu, siswa jurusan IPA tetap di lokasi untuk mendapatkan pemaparan dari Fakultas Kedokteran Umum UMS, yang di pandu oleh Kepala Laboratorium Micro Biologi, dr. Listiana Masyita D, M.Sc, dan Staff Laboratorium Fisiologi dr. Sa’idatul Fithriyah, M.Sc. (Eko/Ahmad)