Rektor UMS dan UMMAD : Sekolah Vokasi Muhammadiyah Memajukan Bangsa

PWMJATENG.COM, Pemalang – Karakteristik negara-negara maju terletak pada kecepatan penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, dan indikasi lain. Berkembangnya bidang pendidikan yang lebih spesifik, makin tumbuh dan berkembangnya sekolah-sekolah kejuruan dan vokasi dibanding sekolah umum (SMA), dan perguruan tinggi yang spesifik di bidangnya masing-masing. Hal tersebut disampaikan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sekaligus Rektor Universitas Muhammadiyah Madiun (UMMAD), Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., pada Launching Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Muhammadiyah 9 Pemalang di Bodeh, Ahad (15/01/2023).

Prof. Anif hadir sebagai pembicara dalam pengajian rutin bulanan Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Bodeh, tepatnya di Gedung TPQ Ulul Al-Bab Desa Muncang Kecamatan Bodeh. Hadir pada kesempatan tersebut Plt. Bupati Pemalang Mansyur Hidayat, Ketua PDM Pemalang Abdul Mu’in Malilang, Muspika Kecamatan Bodeh, Ortom tingkat daerah, dan seluruh warga Muhammadiyah se Kecamatan Bodeh.

“Juli 2023 UMS juga akan membuka Kerjasama pendirian fakultas lintas perguruan tinggi dengan salah satu perguruan tinggi di Korea Selatan, agar terus mensyiarkan dakwah Muhamamdiyah makin mendunia,” ungkap Anif.

Prof. Anif kemudian membeberkan alasan mengapa kerjasama UMS dengan perguruan tinggi di Korea Selatan. Ia mayakini bahwa Korea Selatan akan menjadi negara maju setelah China, dan Jepang, hal ini terlihat dari pengembangan teknologi yang diterapkan. Untuk itu, UMS kemudian bekerjasama dengan Korea Selatan karena memanfaatkan momentum tersebut.

Plt. Bupati Pemalang Mansyur Hidayat dalam sambutannya mengatakan ucapan terimakasih kepada persyarikatan Muhammadiyah yang telah membantu pemerintah untuk memajukan pendidikan di Kabupaten Pemalang.

“Bahwa atas nama pemerintah daerah kami sangat berterima kasih kepada Muhammadiyah yang terus berkontribusi dalam bidang pendidikan, termasuk pendirian SMK Muhammadiyah 9 yang sekaligus peluncuran PPDB tahun mata pelajaran 2023-2024,” ucap Mansyur.

Ia juga menyebutkan bahwa upaya Muhammadiyah Pemalang tersebut adalah salah satu andil Muhammadiyah untuk terus-menerus mencerdaskan kehidupan berbangsa ukhuwah wathaniya.

“Tidak sekedar penguatan dan persaudaraan sesama muslim ukhuwah islamiyah maupun ukhuwah insaniyah menggalang persaudaraan kemanusiaan,” jelas Mansur Hidayat.

Abdul Mu’in Malilang, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Pemalang juga mengatakan bahwa mendirikan sekolah, Muhammadiyah dalam kerhasilannya harus dibarengi dengan kesungguhan karena mendirikan lebih mudah dibanding dengan merawat keberlangsungan agar pendidikan Muhammadiyah terus mengalami eksistensi dan berkelanjutan.

Sumber : https://pwmjateng.com/sekolah-vokasi-muhammadiyah-memajukan-bangsa/

DOWNLOAD PDF