You are currently viewing UMS Jadi Rujukan Universitas Bina Insan Lubuk Linggau dalam Pengelolaan PTS Unggulan

UMS Jadi Rujukan Universitas Bina Insan Lubuk Linggau dalam Pengelolaan PTS Unggulan

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA– Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mendapatkan kunjungan dari Universitas Bina Insan Lubuk Linggau Sumatera Selatan, Senin, (16/01) yang dilaksanakan di Ruang Sidang BPH.

Rektor Universitas Bina Insan, Dr., Sardiyo, M.M., merasa sangat tersanjung telah diterima oleh Rektor UMS dan jajarannya.

“Sekali lagi saya sangat berterima kasih dan tersanjung sudah disambut oleh Pimpinan UMS. Kami mohon petunjuk dan dukungan agar kami dapat mengikuti jejak UMS,” ungkap Dr., Sardiyo, M.M.,Senin (16/1).

Ia menyampaikan, sejarah berdirinya Universitas Bina Insan yang ketika Surat Keputusan pendirian universitas sudah turun, namun pihaknya belum memiliki tempat.

“Berawal dari nekat, pada tahun 1999 ketika SK turun dengan mahasiswa 24 mahasiswa, yang alhamdulillah sekarang mungkin baru 1/3 dari mahasiswa baru di UMS sekitar 3500 mahasiswa,” tambanya.

Melihat perkembangan sangat pesat pada UMS, lanjut dia, pihaknya bermaksud untuk belajar tata kelola Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengelolaan sistem pendidikan yang dilakukan UMS selama ini.

“Maka dari itu kami mohon bimbingan dan motivasi agar lembaga kami berkeinginan untuk maju mengikuti jejak langkah UMS,” jelasnya.

Menurutnya, maju dan berkembang harus komunikasi dan konsolidasi dengan perguruan tinggi yang sudah maju, tentunya UMS bisa menjadi rujukan yang sudah menjadi kebanggaan masyarakat.

“Oleh karena itu kedatangan kami di sini, mohon dukungan dan support pemikiran perguruan tinggi yang unggul dan maju yakni UMS untuk dapat di terapkan di kampus kami. Ruang lingkup dalam kerjasama ini adalah implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Sardiyo.

Dalam kesempatan itu Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan UMS selalu membuka diri untuk bekerjasama dengan pihak manapun yang ingin maju bersama. Pada kesempatan itu, selain rektor hadir pula menyambut tamu yakni Wakil Rektor (WR) I, Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, WR V Prof., Supriyono serta Kabiro SDM, Prof., Budi Murtiyasa dan Kabiro IT, Bana Handaga, Ph.D.

“Dulu UMS belum seperti ini, belum dikenal masyarakat apalagi posisinya cabang dari IKIP Muhammadiyah Jakarta. Namun sekarang UMS telah memiliki 9 anak kampus binaan,” papar Sofyan.

Rektor UMS menyampaikan kini UMS memiliki 12 fakultas dan 75 program studi dan 73% program studi unggul.

“Kegiatan ini mewadahi diskusi terkait pengembangan kelembagaan terkait tata kelola, terutama dalam meraih akreditasi unggul. Dalam kesempatan ini kami turut mengundang beberapa Kepala Biro untuk dapat melakukan diskusi dengan Universitas Bina Insan,” tambahnya.

Pada akhir sesi dilanjutkan penandatanganan MoU dan penyerahan cinderamata. (Fika/Humas)