You are currently viewing Mahasiswa Keperawatan UMS  Bahas Saraf Terjepit dalam Seminar Nasional

Mahasiswa Keperawatan UMS Bahas Saraf Terjepit dalam Seminar Nasional

  • Post author:
  • Post category:Berita

Hernia Nucleus Pulposus (HNP) adalah kondisi ketika bantalan atau cakram di antara tulang belakang keluar dari posisi semula dan menjepit saraf yang berada di belakangnya. Kondisi demikian istilah populernya yakni ‘Saraf terjepit’. Penyakit ini sering dialami oleh orang yang berusia senja, sehingga si penderita memerlukan penanganan medis tertentu seperti mengonsumsi obat-obatan sesuai resep dokter, terapi, atau bahkan operasi.

Untuk mengkaji secara mendalam terkait HNP tersebut, Mahasiswa Profesi Keperawatan UMS angkatan ke – XX tahun 2018 mengadakan seminar Nasional Kesehatan. Seminar berlangsung, Sabtu (23/2) di Auditorium Moh. Djazman UMS.

Acara itu, merupakan program wajib setiap tahunnya bagi mahasiswa profesi keperawatan tersebut. Kali ini, mereka mengangkat tema seminar yaitu ‘Pencegahan & Penanganan pada Kejadian HNP (Hernia Nucleus Pulposus)’. Tema tersebut dikupas tuntas melalui pandangan ilmu fisioterapi dan Keperawatan.

“Acra wajib buat angkatan, sebagai sarana pembelajaran bagi kita untuk lebih mandiri dan terlatih, sehingga keluar dari sini (progam profesi) kita sudah siap menjadi perawat” kata Danur Kusumarini putri selaku koordinator acara pada seminar kali ini.

Dia mengatakan, narasumber pada seminar ada empat pembicara ahli dalam penanganan saraf terjepit. Mereka adalah Dr. Rieva ermawan, SpOt (K), orthopedi traumatologi. Konsultan spine/tulang belakang RSUD Dr. Moewardi – RS Orthopedi Soeharso – Fak Kedokteran UNS. Kemudian Ns Beti Kristinawati, M.Kep., Sp.KepM.B seorang Dosen keperawatan medical bedah UMS. Terus Dr. Umi Budi Rahayu, S.Fis, Ftr., M.Kes juga Dosen Fisioterapi UMS. Dan Dian Hudiyawati, S.Kep., Ns., M.Kep Dosen Keperawatan Medikal Bedah UMS..

Kurang lebih sebanyak 100 orang, mengisi kursi peserta di Auditorium UMS. Mereka datang dari bermacam latar belakang, ada dari Mahasiswa, Perawat dan tenaga kesehatan lainnya. “Pesertanya datang dari banyak lapisan ya, ada mahasiswa, perawat yang sudah bekerja, ada juga tenaga kesehatan lainnya. Macem-macem lah” jelas Danur.

Seminar tersebut turut dihadiri oleh Kepala Program Profesi Keperawatan UMS yaitu Sulastri, S.Kp., M.Kes.dan didampingi oleh Kartinah, A.Kep., S.Kep. (Risqi)