You are currently viewing Sambut Mahasiswa Baru, Sekolah Pascasarjana Gelar Masa Orientasi

Sambut Mahasiswa Baru, Sekolah Pascasarjana Gelar Masa Orientasi

  • Post author:
  • Post category:Berita

Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar masa orientasi mahasiswa baru program magister semester genap 2018/2019, Sabtu (16/2/2019). Kegiatan yang dilaksanakan di Ruang Seminar lantai 5 Gedung Sekolah Pascasarjana diikuti oleh 285 mahasiswa.

Masa orientasi ini dimulai sejak pukul 08.00 hingga 15.00 WIB. Kegiatan ini merupakan kuliah perdana bagi mahasiswa baru yang diisi dengan penjelasan dan materi dasar mengenai kegiatan akademik, keuangan, dan kurikulum program studi yang bersangkutan.

Tujuannya mengantarkan mereka supaya memahami dan dapat mengikuti regulasi serta pedoman yang ada di bidang akademik maupun keuangan di Pascasarjana UMS. Hal ini penting dilakukan sebagai persiapan mereka sebelum menghadapi perkuliahan selama 4 semester mendatang.

Marwan Effendy, Ph.D selaku Wakil Direktur 2 Sekolah Pascasarjana UMS berharap masa orientasi mahasiswa baru ini akan lebih memahami prosedur dan kegiatan akademik di sekolah pascasarjana sehingga mereka lancar dalam perkuliahan dan bisa lulus tepat waktu. Marwan juga mengungkapkan segala keperluan administratif sekarang telah berbasis online. Sehingga dikhawatirkan mahasiswa baru akan mengalami kesulitan apabila tidak memahaminya.

Dalam masa orientasi tersebut mereka mendapatkan materi dari Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd selaku Direktur Sekolah Pascasarjana. Kemudian disambung dengan kuliah umum yang disampaikan Wakil Rektor 1 UMS, Dr. Muhammad Dai, M.si serta penjelasan dari M. Farid Wajdi, S.E, M.M., Ph.D selaku Wakil Direktur 1 Sekolah Pascasarjana.

Para mahasiswa juga mendapatkan penjelasan bagaimana memanfaatkan perpustakaan untuk akademik oleh lembaga perpustakaan UMS. Pada sesi terakhir, terdapat materi keprodian yang berkaitan dengan program studi pascasarjana.

Rustini, salah satu mahasiswa baru dari Program Studi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia mengaku program masa orientasi itu dapat menambah wawasannya. “Ini bisa membantu kita untuk mengetahui segala sesuatu yang ada di kampus ini,” ungkapnya. (Khairul/Putri)