You are currently viewing Kepala LLDIKTI Wilayah VI Beri Pembinaan Kepada Dosen Muda UMS, Berharap 15 Tahun ke Depan Sudah Sandang Guru Besar

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Beri Pembinaan Kepada Dosen Muda UMS, Berharap 15 Tahun ke Depan Sudah Sandang Guru Besar

  • Post author:
  • Post category:Berita

Dalam rangka regenerasi tenaga pengajar di lingkungan Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), pimpinan kampus merekrut dosen muda. Mereka mengikuti Pra Jabatan Dosen Muda 2021 yang dilaksanakan selama 3 hari mulai Senin-Rabu (22-24/2/2021) bertempat di Gedung Induk Siti Walidah UMS.

Jumlah peserta sebanyak 28 dosen muda dari berbagai program pendidikan yang ada di UMS. Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VI Jateng, Prof Dr Ir Muhammad Zainuri, DEA berkesempatan memberikan pengrahan dan pembinaan kepada mereka.

Zainuri berharap kepada dosen muda tersebut, dalam waktu 1 tahun sudah memiliki jabatan fungsional/akademik sebagai Asisten Ahli. “Saya berharap bapak dan ibu dalam kurun waktu 1 tahun sudah dapat mempunyai jabatan akademik Asisten Ahli,” ujarnya.

Bahkan, ia juga berharap jika semua tekun maka dalam kurun waktu 15 tahun mendatang sudah bisa menyandang gelar guru besar. Jika semua tekun dan proses dijalani dengan disiplin, maka ia berharap dalam waktu 12-15 tahun mendatang sudah bergelar profesor.

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta Prof Dr Sofyan Anif, M.Si menyampaikan bahwa perekrutan dosen muda di kampus UMS ini sebagai bentuk untuk selelau menjaga kualitas pendidikan di salah satu perguruan tinggi Muhammadiyah ini.

“Kegiatan Prajabatan ini formalitas dalam rangkaian kegiatan menuju dosen tatap. Tapi yang lebih penting adalah kita diberikan berbagai wacana keilmuan dan pengetahuan terkait tugas dan fungsi kita sebagai dosen. Salah satu tugas kita adalah melakukan Tri Dharma. Kalau di UMS ini ada yang keempat Caturdharma. Yaitu pengamalan Al Islam dan kemuhammadiyahan. Kami berharap para dosen muda ini bisa menjadi amunisi menjaga kualitas kampus kita tercinta,” kata Rektor.

Kegiatan PraJabatan Dosen Muda 2021 memiliki 5 tujuan yaitu Menanamkan nilai-nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, menanamkan komitmen dan etos kerja dosen muda dalam mewujudkan visi UMS 2029, Meningkatkan wawasan dan peran dosen dalam mengembangkan ekosistem pembelajaran 4.0 dan technopreneurship di era kampus merdeka, menanamkan tugas pokok dan fungsi dosen dan membekali pengetahuan pengelolaan kepegawaian dan evaluasi kinerja dosen. (Brondy S./Humas)