Tahun 2021: UMS Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Islam se-Dunia.

  • Post author:
  • Post category:Berita

Prestasi membanggakan kembali ditunjukkan oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Kali ini kampus yang berpusat di kawasan Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, Jateng tersebut kembali masuk 10 besar Kampus Islam Terbaik di Dunia. Kali ini UMS menduduki urutan nomor 8 kampus Islam terbaik di dunia tahun 2021 versi UniRank.

Menurut Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif, M.Si, ini bukan kali pertama UMS masuk 10 besar. Sebelumnya pada tahun 2020, UMS juga masuk 10 besar dengan menjadi urutan nomor 5. “Malah pada saat itu UMS menjadi satu-satunya kampus Muhammadiyah yang masuk rangking 10 besar,” sambungnya.

Ia mengakui tahun ini ada sedikit penurunan di tahun lantaran ada sedikit kendala pada input data pada sistem di Kantor Urusan Internasional UMS sehingga ada beberapa data kerjasama internasional yang belum masuk. “Hal ini saya rasa yang turut memengaruhi perangkingan,” ujarnya saat memberikan sambutan di masa orientasi mahasiswa Pascasarjana pada Sabtu (20/2/21).

Secara kualitas dan jumlah peminat mahasiswa asing, kata Sofyan Anif, saat ini pun UMS memiliki banyak mahasiswa asing dari berbagai negara. Tercatat lebih dari 160 mahasiswa asing dari berbagai negara di Asia dan Eropa yang kuliah disini.

Sofyan Anif tetap bangga UMS masih bisa memertahankan peringkat di 10 besar perguruan tinggi Islam terbaik di dunia. Selanjutnya, ia bersama civitas akademika UMS akan tetap mewujudkan UMS sebagai World Class Universtiy pada tahun 2029. Sehingga, reputasi UMS ini bukan hanya di tingkat nasional saja melainkan juga bisa berprestasi di kancah Internasional. (Bangkit N/Humas).