Berkolaborasi dengan TK ABA Kairo, UMS Laksanakan Pengabdian Masyarakat

RADARSOLO.ID-Tim pengabdian kepada masyarakat kolaborasi internasional (PKM-KI) yang terdiri dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Kemenag RI dan Taman Kanak-kanak Bustanul Athfal (TK ABA) Kairo Mesir melaksanakan pendampingan pembuatan dokumen kurikulum, 2-10 Februari 2023.

Ketua tim pengabdian masyarakat Mahasri Shobahiya menjelaskan, TK ABA Kairo didirikan 2007 oleh Pimpinan Cabang Istimewa ‘Aisyiyah (PCIA) Kairo Mesir, sebagai satu – satunya TK yang disiapkan untuk menfasilitasi anak-anak usia dini dari kawasan Melayu (Indonesia dan Malaysia).

“Para peserta didik berasal dari keluarga Melayu yang tinggal di Kairo Mesir, karena orang tua mereka sedang menempuh studi lanjut S1, S2 maupun S3, dan sebagian lainnya bekerja di sana,” ungkapnya, Jumat (10/2/2023).

Hal ini menuntut TK ABA menunjukkan keunggulan sebagai sebuah lembaga pendidikan Indonesia di luar negeri. Sementara, pengelola TK, belum ada yang berlatar belakang pendidikan guru pendidikan anak usia dini (PG-PAUD).

“TK ini dikelola oleh tiga guru tetap yang berlatar belakang pendidikan S1 Pendidikan Matematika, S1 Pendidikan Agama Islam dan satu guru lain lulusan SMA,” imbuh Mahasri.

Dalam bertugas, tiga guru tersebut dibantu 34 volunteer dari aktivis PCIA yang sedang belajar S1 ataupun S2 di di Kairo. Mereka mengajar dan mendampingi anak – anak TK.

“Sebagai volunteer, tentu tidak dapat secara rutin hadir, karena mereka memanfaatkan waktu longgar di tengah kesibukan kuliah dan mengikuti mudzakarah untuk muraja’ah dalam rangka mengulang ataupun mendalami materi-materi yang dipelajari melalui masayikh (ulama) maupun talaqqy (kajian tatap muka) dengan masayikh Universitas Al-Azhar yang sudah faqih (kompeten) dalam bidang keilmuannya,” papar dia.

Pada tahun ini, jumlah siswa di TK ABA berjumlah 40 anak. Tersebar di Kelompok Bermain (19 anak), TK A (14 anak), dan TK B (tujuh anak). Setiap tahunnya, jumlah anak yang belajar di TK tersebut stabil, yaitu kurang lebih 40 anak. (rls/wa)

Sumber : https://radarsolo.jawapos.com/pendidikan/10/02/2023/berkolaborasi-dengan-tk-aba-kairo-ums-laksanakan-pengabdian-masyarakat/