You are currently viewing Sekian Biaya Kuliah Kedokteran Udinus, Unika Semarang, UKSW dan UMS

Sekian Biaya Kuliah Kedokteran Udinus, Unika Semarang, UKSW dan UMS

KOMPAS.com – Ada sejumlah perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah yang menyediakan Jurusan Kedokteran. Melanjutkan pendidikan di kampus swasta bisa jadi alternatif bagi calon mahasiswa yang mungkin belum beruntung masuk ke prodi incarannya di kampus negeri. Bagi yang ingin kuliah Kedokteran di kampus swasta, masalah biaya kuliah menjadi hal yang dipertimbangkan. Kali ini Kompas.com rangkumkan biaya kuliah Kedokteran beberapa kampus swasta yang ada di Jawa Tengah.

Biaya kuliah di Unika Semarang, Udinus, UKSW dan UMS Mulai dari Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) Semarang, Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) Semarang, Universiras Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Dilansir dari masing-masing laman kampus, berikut biaya kuliah Kedokteran di Unika Semarang, Udinus Semarang, UKSW dan UMS.

1. Unika Semarang Unika Semarang adalah salah satu kampus swasta yang ada di Jawa Tengah. Komponen biaya studi di Unika Semarang meliputi:
1. BKS mencakup uang gedung, Uang Kuliah Pokok (UKP), SKS, biaya inisiasi, biaya kemahasiswaan, KKN/KKU dan wisuda universitas.
2. Skema pembayaran per semester dibagi 2 yaitu : Tahap 1 (50 persen) dibayarkan setelah dinyatakan diterima Tahap 2 (50 persen) dibayarkan di tengah semester setelah kuliah
3. Setiap transaksi pembayaran akan dikenakan biaya administrasi bank Rp 1.000
4. Uang Pengembangan Pendidikan (UPP) Kedokteran dibayarkan 3 kali tahap pembayaran dengan tahap I 20 persen, tahap II 50 persen, tahap III 30 persen.
5. Biaya Inisiasi terdiri dari Pembekalan Terpadu Mahasiswa Baru (PTMB), Jas Almamater, Program Pelatihan Kepribadian Mahasiswa (PPKM), Rekening Bank dan KTM.

Berikut biaya kuliah Kedokteran Unika Semarang untuk tahun akademik 2024/2025 UPP: Rp 300 juta Biaya inisiasi: Rp 1,2 juta Biaya kuliah per semester: Rp 25 juta

2. Udinus Semarang Biaya USPI (Uang Sumbangan Pengembangan Institusi) dibayarkan 3 kali angsuran dengan ketentuan:

1. Angsuran 1 (USPI 50 persen) dibayarkan ketika registrasi (daftar ulang)
2. Angsuran 2 (USPI 30 persen) dibayarkan ketika tengah semester 1
3. Angsuran 3 (USPI 20 persen) dibayarkan ketika awal semester 2

Berikut rincian biaya kuliah Kedokteran di Udinus untuk tahun akademik 2024/2025: USPI minimal: Rp 250 juta
UKT per semester: Rp 25 juta

3. UKSW Salatiga Jurusan Kedokteran di UKSW termasuk baru. Mengacu pada biaya kuliah 2023/2024, berikut rincian biaya kuliah S1 Kedokteran UKSW:
1. Biaya pendaftaran: Rp 750.000.
2. Biaya SPP/UKT per semester Rp 25 juta dibayarkan ketika registrasi ulang.
3. Uang gedung minimal Rp 250 juta.
4. Daftar ulang: uang gedung dibayarkan 3 tahap: Tahap 1: 25 persen Tahap 2: 50 persen Tahap 3: 50 persen

4. UMS Dilansir dari laman resminya, berikut biaya kuliah Kedokteran di UMS:
Dana Pengembangan: Rp 242 juta
Biaya per SKS: Rp 1.120.000

Demikian informasi mengenai biaya kuliah Kedokteran di Unika Semarang, Udinus Semarang, UKSW Salatiga dan UMS. Informasi soal biaya kuliah Kedokteran ini bisa jadi gambaran, berapa dana pendidikan yang perlu dipersiapkan apabila ingin kuliah Kedokteran di perguruan tinggi swasta.

Sumber: https://www.kompas.com/edu/read/2024/02/15/064900671/sekian-biaya-kuliah-kedokteran-udinus-unika-semarang-uksw-dan-ums