You are currently viewing Terungkap! Mahasiswa UMS Bisa Keliling Dunia dan Kuliah Gratis di Luar Negeri, Ada Rahasianya!

Terungkap! Mahasiswa UMS Bisa Keliling Dunia dan Kuliah Gratis di Luar Negeri, Ada Rahasianya!

PWMJATENG.COM, Surakarta – Cavella Noor Putri, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), berbagi kisah inspiratifnya tentang bagaimana ia berhasil menjelajahi luar negeri dan menjadi Peserta Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4, Senin (12/2). Ceritanya mengungkap fakta menarik di balik kesempatan ini.

Tahun 2021 menjadi momentum penting dalam hidup Cavella. Awalnya, dia meragukan kemungkinan untuk mengejar pendidikan tinggi karena khawatir akan biaya yang tinggi. Namun, kenyataannya membuktikan sebaliknya.

Cavella merupakan salah satu penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah, Internasional, dan Tahfidh Al-Qur’an (BUMITA) di UMS. Dalam sebuah postingan Instagram Reelsnya, dia membagikan pengalamannya, “Sejak awal masuk, aku gak pernah bayar sepeser pun. Bahkan sampai wisuda nanti,” ungkapnya.

Selain tidak perlu membayar biaya kuliah, Cavella juga mendapat biaya hidup sehari-hari (living cost) setiap bulannya. Dukungan ini memberinya keleluasaan untuk fokus pada studi dan pengembangan diri tanpa beban finansial yang berat.

Berbagai peluang pengembangan diri di UMS membuat Cavella semakin termotivasi untuk meraih prestasi. Dia berhasil menjadi pengajar di University Of Northern Philippines dalam program Pre Service Student Teacher Exchange In Southeast Asia 2023.

Tahun ini, Cavella berhasil mendaftar pada Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka 4 yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari seluruh Indonesia. Program ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan bertempat di Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong.

Melalui kesempatan ini, Cavella tidak hanya mendapatkan pengalaman akademik yang berharga, tetapi juga kesempatan untuk mengenal budaya dan masyarakat di luar negeri. Ini menjadi langkah penting dalam pengembangan dirinya sebagai mahasiswa yang berprestasi dan berpengalaman internasional.

Bagi mereka yang tertarik untuk kuliah gratis di UMS, universitas ini menawarkan 6 jenis program beasiswa untuk program Sarjana, antara lain: Beasiswa Kiai Haji Ahmad Dahlan (BKAD), Beasiswa Unggulan UMS (BU-UMS), Beasiswa Tunas Unggul Muhammadiyah dan Daerah (BTUMD), Beasiswa Prestasi UMS (BP-UMS), Beasiswa International UMS (BI-UMS), dan Beasiswa Hafidz Al-Quran (BHA).

Informasi lebih lanjut tentang beasiswa ini dapat diakses melalui laman resmi https://pmb.ums.ac.id/. Kesempatan untuk meraih pendidikan berkualitas dan berprestasi tanpa beban biaya menjadi salah satu keunggulan UMS dalam mendukung pendidikan yang inklusif dan merata bagi semua kalangan.

Sumber: https://pwmjateng.com/terungkap-mahasiswa-ums-bisa-keliling-dunia-dan-kuliah-gratis-di-luar-negeri-ada-rahasianya/