You are currently viewing Melalui Seminar Entrepreneur, Mahasiswa Penerima Beasiswa UMS Dipacu Mampu Berwirausaha

Melalui Seminar Entrepreneur, Mahasiswa Penerima Beasiswa UMS Dipacu Mampu Berwirausaha

  • Post author:
  • Post category:Berita

Para penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah, Internasional dan Tahfidz (BUMITA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengikuti kegiatan Seminar Entrepreneur, Senin (18/3/2019), bertempat di Ruang Seminar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (FEB UMS).

Para mahasiswa penerima Beasiswa Unggulan Muhammadiyah, Internasional dan Tahfidz (BUMITA) UMS itu memenuhi ruangan dalam seminar yang diselenggarakan oleh Forum Mahasiswa BUMITA, di bawah pembinaan Bidang Monitoring dan Evaluasi Beasiswa, Lembaga Pengembangan Pondok, Al-islam dan Kemuhammadiyahan (LPPIK UMS).

M. Yoga Oktama, S.Pd, Koordinator BUMITA UMS menerangkan jika kegiatan ini diperuntukan bagi Mahasiswa Penerima Beasiswa tahun angkatan 2015 hingga 2018.

“Kegiatan ini kami mengundang para penerima BUMITA UMS, mulai angkatan 2015 sampai angkatan terbaru, yaitu 2018. Dari yang diundang, Alhamdulillah yang hadir 66 mahasiswa” Ungkap Koordinator BUMITA yang baru di Wisuda beberapa hari lalu.

Lebih lanjut dia menceritakan tujuan dari Seminar kali ini, untuk memberi motivasi bagi para penerima beasiswa supaya tidak hanya unggul dalam beroganisasi dan akademik, melainkan juga perlu bersaing di dunia bisnis baik lokal maupun global pada masa yang akan datang.

“Tujuannya untuk memberi motivasi bagi mahasiswa, supaya mereka tertarik untuk berwirausaha. Sehingga kedepannya para oenerima beasiswa tidak hanya unggul dalam urusan akademik dan organisasi, melainkan juga sukses dalam berwirausaha” ujarnya.

Seminar kali ini mengambil sebuah tema ‘Membangun Jiwa Entrepreneur Untuk Generasi Muda Berkemajuan’. Kegiatan tersebut, menghadirkan pengusaha muda, smart nan sukses yaitu Rohmad Nur Cahyo atau akrab disapa Ryo Juara. Dia merupakan owner dari Lion Parcel juara di kota Solo. Bukan hanya itu, dia juga seorang Founder dari perusahaan layanan berbasis online seperti Delivo (Delivery Online), EVO (Exclusive Viral Ojek) dan juga memimoin beberapa perusahaan lainnya.

Ketua Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Solo tersebut, membagikan kiat-kiat sukses dalam berbinis. Pemuda yang pernah menjadi asisten motivator terkenal di Indonesia yaitu Andrie Wongso ini, juga memberikan motivasi bagi mahasiswa untuk memulai berbisnis sejak dini.

Tak ketinggalan, Koordinator Yuk Bisnis (YUBI) Solo ini membeberkan 5 tangga bisnis yang menjadi pedoman bisnisnya selama ini.

“Temen-temen perlu tahu, bahwa orang berbisnis itu memiliki 5 tangga bisnis yaitu : Starting (memulai usaha), Profiting (memaksimalkan profit), Systemizing (mendokumentasikan), Multiplaying (menduplikasi kesuksesan), dan terakhir Investing (melipat gandakan manfaat)” ujar Ryo Juara.

Dimulai pukul 13.00 – 15.10 WIB, peserta antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Dibarengi dengan pertanyaan dan pendapat yang dilontarkan oleh para peserta. Acara tersebut juga dihadiri oleh Ketua Monev BUMITA UMS yaitu Drs. K.H. Yayuli, M.P.I. dan Tri Santoso, S.Pd., M.Pd. (Risqi)