You are currently viewing Wadahi Kreativitas Mahasiswa, Biro Kemahasiswaan UMS Gelar Lomba Mural

Wadahi Kreativitas Mahasiswa, Biro Kemahasiswaan UMS Gelar Lomba Mural

ums.ac.id, PABELAN – Biro Kemahasiswaan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) gelar lomba mural yang berlokasi di daerah parkir gedung Induk Siti Walidah.

Dalam kesempatan itu, Kepala Biro Kemahasiswaan, Ir., Ahmad Kholid Alghofari, S.T., M.T., mengungkapkan kegiatan ini dalam rangka untuk memberikan edukasi terkait tagline UMS yaitu, Mencerahkan, Unggul, Mendunia.

“Kita memiliki space dinding di area parkir, nah kita manfaatkan media tersebut untuk membuat mural sebagai representasi tagline UMS dalam sisi lain, yakni seni. Lomba berlangsung dua hari, Sabtu dan Minggu,” papar Kabiro Kemahasiswaan Ahmad Kholid, Minggu (19/3).

Menurutnya, kampus juga harus memberi ruang mahasiswa yang memiliki potensi atau minat bakat khususnya di bidang seni.

“Alhamdulillah, antusias dari mahasiswa sangat besar. Sehingga terdata 37 tim yang mendaftar perlombaan ini,” ujarnya.

Kholid berharap, dengan kegiatan ini mampu meneguhkan kampus UMS: Mencerahkan, Unggul, Mendunia dalam sudut pandang yang lain, yaitu seni.

“Karya ini berasal dari kreativitas mahasiswa sendiri, kemudian mereka juga akan mendeskripsikan filosofi dari mural yang mereka gambar. Nantinya karya ini akan kita apresiasi dan diajukan agar memiliki hak cipta,” tambahnya.

Dia juga menyampaikan, Insyaa Allah hari Selasa nanti, Pak Rektor akan melihat hasil perlombaan ini sekaligus memberikan apresiasi kepada para juara lomba mural dalam beberapa kategori.

PIC Perlombaan Mural, Dr. Mahasri Shobahiya, M.Ag menyampaikan tema dari perlombaan ini ada 4, diantaranya ayat-ayat Kauniyah, Go Green, Spirit Belajar dan Visi Misi Universitas.

“Diharapkan dengan adanya 4 tema ini, mahasiswa dapat berlomba lomba untuk berkreasi dalam rangka misi edukasi, dakwah, dan informasi,” ungkapnya.

Peserta yang berkesempatan menggambar mural, tambahnya, berasal dari 8 fakultas, sedangkan, mahasiswa dari 37 pendaftar, setelah di seleksi tersisa 22 tim.

Mekanisme perlombaan ini, lanjut dia, peserta mengirimkan gambar terlebih dahulu, kemudian akan dinilai oleh dewan juri. Baru peserta akan menuangkan gambar tersebut di dinding sekitar parkiran Gedung Siti Walidah, dengan durasi waktu pengerjaan selama dua hari. (Fika/Humas)