You are currently viewing Wisuda UMS, periode 3 Maret 2023 Jadi Momen Membahagiakan dan Mengharukan

Wisuda UMS, periode 3 Maret 2023 Jadi Momen Membahagiakan dan Mengharukan

ums.ac.id, SURAKARTAUniversitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menggelar upacara wisuda periode 3 untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Upacara kelulusan bagi para mahasiswa ini digelar di Gedung Edutorium K.H., Ahmad Dahlan UMS.

Pada periode kali ini, UMS meluluskan sebanyak 2.339 mahasiswa dari program sarjana dan pascasarjana. Dalam pelaksanaannya, wisuda digelar selama dua hari, pada 18 dan 19 Maret 2023.

Pada hari pertama, Wakil Rektor I, UMS Prof., Dr., Harun Joko Prayitno, M.Hum menyampaikan pesannya mengenai tujuan memiliki ilmu.

“Kepada para wisudawan, saya pesankan, I AM. Jadi hakikat ilmu harap diamalkan, dan hakikat amal itu apabila memberi manfaat, Ilmu Amal Manfaat,” pesannya.

Harun juga mengatakan, kita semua belajar hakikatnya agar memiliki manfaat, dan melalui ilmu dapat memartabatkan kehidupan.

Wakil Rektor I, UMS itu juga melaporkan bahwa wisuda pada periode ini, sebanyak 1.054 atau setara dengan 45% mahasiswa UMS lulus cumlaude. Dia juga menyebutkan salah satu mahasiswa dari program pascasarjana Eko Purnomo lulus dengan IPK sempurna yaitu 4.00.

Selain itu, Harun melaporkan pula bahwa, Kampus Mencerahkan, Unggul, Mendunia ini telah mewisuda sebanyak 157.741 dalam gedung megah ini sejak diresmikannya Edutorium UMS.

Pada bagian lain, dengan menahan tangisnya, Rektor UMS Prof., Dr., Sofyan Anif, M.Si mengungkapkan rasa bela sungkawanya atas meninggalnya wisudawan dari Program Studi Ilmu Quran dan Tafsir (IQT).

Ayahanda dari Rafly Febriansyah, S.Ag hadir dalam wisuda untuk mengambil ijazah anak tercintanya.

“Begitu cintanya kepada UMS, orang tua almarhum yaitu Bapak Mohammad Sobari pada kesempatan pagi ini hadir di tengah-tengah kita, selain untuk menyaksikan wisuda, sekaligus ingin mengambil ijazah,” kata Sofyan Anif.

Rektor UMS juga berpesan kepada para wisudawan untuk menjadi alumni yang selalu dinanti, dan menanamkan nilai-nilai yang dijunjung tinggi oleh Muhammadiyah, yaitu untuk terus berbuat baik.

“Nanti ketika anda bekerja, anda berbuat sesuatu apapun tidak hanya diorientasikan kepada Allah, tapi sekaligus juga pekerjaan anda akan menenangkan orang lain. Pekerjaan anda akan membawa semua masyarakat di sekitar kita akan menjadi bahagia, itu karena tangan kita, itu karena ilmu yang kita kuasai, dan karena kebaikan karakter yang kita miliki,” tuturnya.

Dia melanjutkan pesannya kepada para wisudawan agar para wisudawan memiliki komitmen untuk berkontribusi kepada bangsa dan negara, serta selalu mengembangkan ilmu di era yang terus berkembang ini. (Maysali/Humas)