You are currently viewing Keren! Tim Mahasiswa Prodi Teknik Informatika UMS Boyong 4 Tropi pada Munas APSI 2024

Keren! Tim Mahasiswa Prodi Teknik Informatika UMS Boyong 4 Tropi pada Munas APSI 2024

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menjadi juara pada Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Program Studi Informatika (APSI) 2024. Istimewa

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM — Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Informatika, Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil menjadi juara pada Musyawarah Nasional (Munas) Asosiasi Program Studi Informatika (APSI) 2024, Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Metro berlangsung pada 25 sampai 29 Februari 2024 yang lalu.

Tim mahasiswa dari FKI UMS sukses memboyong 4 tropi dalam 3 kategori berbeda yakni, Juara 1 kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), Juara 2 dan 3 Lomba Pemrograman Game APSI 2024, serta Juara 3 Lomba Pemograman APSI 2024.

Kepala Program Studi Teknik Informatika UMS, Dedi Gunawan, Ph.D, menyebutkan bahwa mahasiswa yang mengikuti perlombaan, sebelumnya telah mempunyai ide atau konsep yang selanjutnya mendapat pendampingan dari dosen pembimbing.

“Ide awal tentu harus datang dari mahasiswa kemudian bapak/ibu dosen akan mengarahkan serta mencontohkan supaya ide tersebut bisa dikembangkan,” jelas Dedi, dikutip dari rilis yang diterima JOGLOSEMARNEWS.COM .

Dedi juga menambahkan Prodi Teknik Informatika UMS senantiasa melakukan pembibitan talenta dari mahasiswa yang memiliki potensi untuk kompetensi yang dilakukan, dengan meminta kepada dosen dan sivitas akademika untuk terus memantau performa mahasiswa selama perkuliahan.

Pada kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah, satu tim berhasil menyabet Juara 1. Karya ilmiah tersebut membahas mengenai proses perencanaan, desain dan pengembangan aplikasi Al-Qur’an yang ramah bagi penyandang disabilitas.

“Masih jarangnya wadah pembelajaran untuk penyandang disabilitas, jadi kami membantu mengedukasi sekaligus meningkatkan minat belajar masyarkat melalui kemudahan mengakses aplikasi belajar yang memiliki tampilan user interface yang menarik, user friendly, dan pastinya inklusif,” jelas Ucok Sayuti sebagai perwakilan tim.

Ammar Miftahuddin Anshori berasama tim Ilmu Padi yang memenangkan Juara 3 Lomba Pemrograman Game APSI 2024, membuat game edukasi “QuizMu” berisi kuis yang ditunjukkan untuk anak-anak jenjang Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Game ini bertujuan mengedukasi anak-anak untuk mengenal Muhammadiyah dengan melalui game dan kuis yang menyenangkan dan mudah diakses bagi anak-anak.

“Game yang kami buat untuk mengedukasi anak-anak agar lebih paham dan kenal Muhammadiyah. Ada materi tentang Muhammadiyah yang dapat dibaca sebelum kuis. Gamenya ada tebak lagu-lagu dari ORTOM (Organisasi Otonom Muhammadiyah), tebak gambar tokoh,” sebut Ammar.

Selain edukasi seputar Muhammadiyah, QuizMu juga terdapat ‘Catch Trash’ atau tangkap sampah, yang mengedukasi anak-anak untuk menjaga lingkungan. Wans

Sumber: https://joglosemarnews.com/2024/03/keren-tim-mahasiswa-prodi-teknik-informatika-ums-boyong-4-tropi-pada-munas-apsi-2024/