You are currently viewing Mahasiswa Asing Antusias Ikut Berburu Takjil di Pasar Takjil UMS

Mahasiswa Asing Antusias Ikut Berburu Takjil di Pasar Takjil UMS

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Menjalani ibadah puasa di negeri orang, jadi tantangan sendiri bagi beberapa mahasiswa asing yang kuliah di Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Ini adalah cerita mahasiswa asal Yaman dan Afrika Tengah yang ikut berburu pasar takjil di depan Kampus II UMS.

Mahasiswa asing UMS asal Yaman, Basheer Anwar Ibrahim Raje, mengatakan Ramadan di Indonesia terasa lebih santai. Momentum ini bisa dibarengi dengan meningkatkan ibadah dan semakin memperbaiki akhlak. “Pengalaman Ramadan di sini santai-santai aja, dan juga membangun ibadah dan akhlak,” ungkap Basheer, Kamis (21/3/2024), saat mencari hidangan untuk berbuka puasa.

Selain itu, mahasiswa Prodi Teknik Kimia UMS itu juga mengatakan ada perbedaan waktu buka puasa satu jam lebih cepat di Indonesia dibandingkan Yaman. Hal ini menjadikan Ramadan di sini terasa berbeda dibandingkan di Yaman. Ini merupakan pengalaman tahun ke dua Basheer dalam menjalani Ramadan di sini. “Kalau makanan favorit saya di sini rendang, nasi ayam geprek, dan nasi goreng,” ujar Basher saat ditanya makanan favoritnya.

Kerja Keras

Tak hanya itu, Basheer berharap Ramadan kali ini dapat sukses dan Allah SWT dapat menerima ibadah puasanya serta memaafkan kesalahan yang telah dilakukan selama ini. Selain Basheer, mahasiswa asing UMS asal Afrika Tengah, Mahamoud Abdurrahman Hassan, juga turut berbagi pengalamannya dalam menjalani bulan puasa di Indonesia.

“Ramadan ini digunakan dengan meningkatkan ibadah melalui tadarus Al-Qur’an. Ini adalah satu bulan kita harus wajib puasa, berarti kita juga harus beribadah. Kita harus kerja keras untuk sukses di mana Allah SWT nantinya menerima ibadah kita,” pungkas Mahamoud Abdurrahman dalam menyampaikan kegiatan serta harapannya untuk Ramadan kali ini.

Sumber: https://muhammadiyahsolo.com/20240321/mahasiswa-asing-antusias-ikut-berburu-takjil-di-pasar-takjil-ums-5430