You are currently viewing Masjid Sudalmiyah Rais UMS Grand Opening Gema Kampus Ramadan

Masjid Sudalmiyah Rais UMS Grand Opening Gema Kampus Ramadan

PABELAN, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Sambut bulan suci Ramadan 1445 H, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Grand Opening Gema Kampus Ramadan (GKR). Pembukaan kegiatan ini berlokasi di Masjid Sudalmiyah Rais, Minggu (10/3/2024), bertepatan dengan malam pertama bulan Ramadan.

Kegiatan yang diawali dengan salat Isya’ dan salat Tarawih berjemaah ini diikuti oleh sivitas akademika, mahasiswa UMS dan masyarakat umum. Ketua pelaksana GKR 2024, Nurgiyatna, menyebutkan terdapat berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan GKR selama bulan Ramadhan, mulai dari salat Tarawih berjemaah, tabligh akbar, kajian buka bersama, tadarrus Al-Qur’an, iktikaf hingga salat Idul Fitri, serta berbagai kegiatan lainnya. Nurgiyatna menambahkan kegiatan ini bertujuan sebagai implementasi nilai-nilai Islam di UMS.

GKR tahun ini mengusung tema “Implementasi Nilai-nilai Islam Sebagai Pilar Bagi Kampus Berkemajuan”. “Kita bersiap untuk mengoptimalkan dan berkomitmen meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita,” jelas Nurgiyatna.

Meningkatkan Takwa

Rektor UMS, Prof. Sofyan Anif, secara resmi membuka kegiatan GKR 2024 sekaligus menjadi pembicara pertama pada tabligh akbar. Dalam tausiyah-nya, Sofyan Anif menyampaikan, kewajiban berpuasa bagi umat Islam bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT, hal ini tertuang dalam QS. Al-Baqarah ayat 183.

Dia menambahkan, terdapat ciri-ciri orang bertakwa sesuai dengan Al-Qur’an dan Hadist, di antaranya adalah orang yang bersedekah saat lapang maupun sempit, orang yang mampu mengendalikan nafsu, orang yang memberikan maaf sebelum diminta, hijrah kearah yang lebih baik, memanfaatkan waktu, jujur, dan lain sebagainya.

Sumber: https://muhammadiyahsolo.com/20240311/masjid-sudalmiyah-rais-ums-grand-opening-gema-kampus-ramadan-5368