You are currently viewing PMB di UMS Makin Ketat, Pendidikan Kedokteran Masih Jadi Favorit

PMB di UMS Makin Ketat, Pendidikan Kedokteran Masih Jadi Favorit

Foto ilustrasi petugas pendaftaran mahasiswa baru UMS | Prihatsari

SOLO, JOGLOSEMARNEWS.COM – Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) semakin ketat, dan Program Studi Pendidikan Kedokteran masih menjadi favorit.

Kepala Biro Administrasi Akademik (BAA) UMS, Triyono mengatakan sesuai data per 19 Maret 2024, jumlah pendaftar UMS sebanyak 8.292 orang. Dari jumlah tersebut dinyatakan lolos 2.145 dan yang telah melakukan registrasi sebanyak 1.962 calon mahasiswa baru.

“Dari jumlah tersebut, yang lolos mengalami peningkatan 214 dan yang sudah registrasi sebanyak 300 calon mahasiswa baru,” ujarnya di Solo, Kamis (21/3/2024).

Menurutnya, prodi yang mendominasi yaitu Pendidikan Kedokteran dimana kuotanya sudah terisi 82,22%. Dengan demikian, Prodi Pendidikan Kedokteran sudah tidak bisa mendaftar menggunakan rapor tetapi harus pakai Tes Computer Based Test (CBT).

Kemudian disusul oleh Prodi Farmasi yang terisi 76,5 % dan di urutan ketiga yang juga diminati adalah Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) dengan persentase 74%.

“Memang peminat prodi kesehatan ini paling tinggi, kemudian disusul rumpun humaniora seperti Prodi Psikologi, Prodi Bisnis Digital dan Ilmu Komunikasi,” bebernya.

Di sisi lain, Prodi baru Bisnis Digital ini sudah terisi 35% menyalip program studi yang lain, meskipun prodi tersebut baru dibuka. Diketahui, UMS kini memiliki 12 Fakultas, 37 Prodi S1, 18 Prodi S2, 6 Prodi S3, 15 Program Vokasi, 8 Program Profesi dan 10 Program Studi Internasional

Calon mahasiswa baru juga dapat memanfaatkan peluang beasiswa yang diberikan UMS untuk pendaftar yang memenuhi kualifikasi. Beasiswa ini terbagi menjadi 2 gelombang.

“Di UMS pelaksanaan beasiswa yang Batch 1 ini, sudah di tahap wawancara. Sehingga, calon mahasiswa baru dapat menyiapkan diri untuk ikut seleksi yang akan dibuka sekitar bulan Mei,” tukasnya.

Sumber: https://joglosemarnews.com/2024/03/pmb-di-ums-makin-ketat-pendidikan-kedokteran-masih-jadi-favorit/