You are currently viewing UMS Kukuhkan Guru Besar ke-32, Prof. Dr. Waston M.Hum sebagai Guru Besar Bidang Agama Dan Filsafat

UMS Kukuhkan Guru Besar ke-32, Prof. Dr. Waston M.Hum sebagai Guru Besar Bidang Agama Dan Filsafat

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menambah Guru Besar. Kali ini gelar profesor disandang tenaga pendidik UMS yakni Prof. Dr. Waston, M.Hum. Pengukuhan digelar dalam Sidang Terbuka Senat yang dilakukan secara luring dan daring, Sabtu (3/4/2021) di Gedung Auditorium Mohamad Djazman.

Pengukuhan dihadiri Rektor UMS, Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si mentor dan pembimbing Prof. Dr. H. Musa Asy’arie yang juga guru besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Selain itu juga hadir secara daring Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA, Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag., serta Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashier, M.Si.

Prof. Waston menyampaikan pidato profesor dengan judul “Masa Depan Kemanusiaan dan Keberagamaan: Era Pasca Pandemi Di Indonesia Dalam Teropong Filsafat”.

Dalam paparannya dia menyebut, peradaban seolah terhenti, atau justru mundur selangkah sejak covid -19 menjadi global pandemic. Namun peradaban sebetulnya tidak sedang berhenti, justru jika kita cermati, pandemi ini mempercepat laju peradaban, seolah kita sedang melakukan sebuah loncatan, sebuah peralihan yg cepat.

“Seluruh dunia, dari pembelajar termuda di level paling dini hingga pengajar tertua, para profesor sepuh di perguruan tinggi dipaksa menggunakan internet dalam pembelajaran. Sebuah pemaksaan yang tampaknya tidak akan berlangsung jika pandemi tidak terjadi,” katanya.

Sofyan Anif dalam sambutannya menyampaikan rasa syukur atas bertambahnya guru besar yang pertama di Fakultas Agama Islam UMS dan akan bertambah lagi setelah hari raya idul fitri. “Alhamdulillah prof. Waston menjadi guru besar di FAI, khususnya di bidang filsafat dan agama,” katanya.

Kepala LLDIKTI Wilayah VI Jawa Tengah Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA menyampaikan selamat atas dikukuhkan menjadi guru besar ke 96 di lingkunan Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah.

Koordinator Kopertais Wilayah X Jawa Tengah Prof. Dr. H. Imam Taufiq, M.Ag menyampaikan selamat atas dikukuhkannya prof. Waston dan berharap dengan dikukuhkannya sebagai guru besar di bidang agama dan filsafat dapat berkrontribusi secara positif di masyarakat dan lingkungan akademik kampus.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashier, M.Si. menyampaikan selamat kepada UMS karena telah melahirkan guru besar di bidang filsafat dan agama yang diharapkan melakukan penelitian kritik post-modern. ” Saya mengucapkan selamat untuk UMS karena telah melahirkan Guru Besar di bidang filsafat dan agama,” ujar Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashier, M.Si. saat menyampaikan sambutan melalui daring. (Brondy/Humas)