You are currently viewing Pascasarjana UMS Kukuhkan 5 Doktor PAI Sekaligus

Pascasarjana UMS Kukuhkan 5 Doktor PAI Sekaligus

  • Post author:
  • Post category:Berita

Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) laksanakan Sidang Terbuka Program Doktor Pendidikan Agama Islam Sekolah Pascasarjana. Sidang Terbuka kali ini diikuti 3 mahasiswa Doktor yang melakukan sidang terbuka dan 2 doktor lain dikukuhkan melalui jalur publikasi scopus.

Pengukuhan Doktor Pendidikan Agama Islam (PAI) dilaksanakan pada Sabtu (16/4/22) di Ruang Seminar Gedung Pascasarjana UMS.

Sidang Terbuka kali ini mengukuhkan 3 doktor yaitu Dr. Ernawati dengan judul disertasi “Peningkatan Intensi Berwirausaha Santri Melalui Teknik Modeling”, kemudian Dr. Ilham dengan judul “Internalisasi Nilai Adat Minang Pada Pondok Pesantren Perkampungan Minangkabau Sumatera Barat”, dan Dr. Furqan dengan Disertasi “Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an pada Tunarungu.”

Selain 3 Doktor yang melaksanakan Ujian Terbuka, pada Sidang Terbuka ini juga mengukuhkan 2 Doktor yang dinyatakan lulus melalui jalur publikasi Scopus yaitu Dr. Hakiman dan Dr. Deddy Ramdani.

Predikat yang dihasilkan dari 5 doktor yang dikukuhkan adalah 3 Doktor dengan predkat Cumlaude dan 2 doktor dengan predikat sangat memuaskan.

Prof. Dr. Musa Asy’arie selaku Promotor Dr. Ernawati menyampaikan pesan bagi para doktor baru dengan mengambil filosofi pohon Sawo dan pohon pisang. “Jadilah anda ibaratnya sebagai pohon Sawo dan jangan seperti pohon pisang, pohon pisang hanya berbuah sekali lalu mati sedangkan pohon sawo terus berbuah sepanjang tahun,” ujarnya.

Selain itu ia juga berpesan agar disertasi yang dituliskan oleh doktor baru ini agar tidak menjadi karya tulisan terakhir. “Jika ini menjadi tugas terakhir berarti anda telah mengkhianati tugas seorang intelektual,” kata Musa.

Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si selaku Rektor juga berpesan kepada doktor baru agar senantiasa menjadi almamater UMS dan ikut serta dalam memajukan UMS. “Ketika kita menjadi alumni kita memliki tanggung jawab untuk ikut membsarkan ums kedepan,” Ujar Rektor UMS. (Atta/Humas)