You are currently viewing Hasil Survei Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Sistem Pengelolaan SDM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tahun 2016

Hasil Survei Kepuasan Dosen dan Tenaga Kependidikan Terhadap Sistem Pengelolaan SDM Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Tahun 2016

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pengukuran kepuasan dosen dan tenaga kependidikan terhadap sistem pengelolaan SDM di UMS perlu dilaksanakan selain untuk memberikan kesempatan kepada dosen dan tenaga kependidikan untuk menilai kinerja sistem dan praktek pengelolaan sumber daya manusia termasuk kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan oleh universitas, hasil pengukuran dapat mendorong pimpinan universitas dan lembaga/biro/unit untuk meningkatkan kualitas pengelolaan sumber daya manusia yang telah dilaksanakan serta mendorong pimpinan universitas dan lembaga/biro/unit agar lebih inovatif dalam menjalankan sistem dan praktek pengelolaan sumber daya manusia.

Survei dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 18 (delapan belas) instrumen pernyataan yang telah diuji validitas dan reabilitasnya dan terkait dengan pemberian solusi, konsistensi aturan, penyediaan sarana prasarana, kesejahteraan, peningkatan kompetensi, karir, penghargaan, dan sistem penjaminan mutu yang dilaksanakan atau diberikan universitas untuk dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Skala penilaian dari masing-masing pernyataan adalah 1 sampai dengan 7 dimana semakin besar nilai yang diberikan oleh dosen dan tenaga kependidikan maka pernyataan yang diberikan dirasakan semakin sesuai atau stakeholder merasa semakin puas dengan praktek pengelolaan sumber daya yang telah ada, dan sebaliknya, semakin kecil nilai maka semakin tidak sesuai dengan yang dirasakan atau dosen dan tenaga kependidikan merasa tidak puas.

Hasil survei menunjukan bahwa rata-rata nilai kepuasan yang terendah adalah pada instrumen 2 yaitu pernyataan tentang penerapan peraturan disiplin karyawan sebesar 4,42. Nilai kepuasan terendah selanjutnya yaitu instrumen 9 tentang cuti memberikan dosen dan tenaga kependidikan dengan nilai 4,65. Sedangkan, instrumen yang rata-rata nilai kepuasannya tertinggi adalah instrumen 11 pernyataan tentang kesempatan studi lanjut baik untuk dosen dan tenaga kependidikan sebesar 5,53 dan instrumen 7 dengan nilai 5,47 tentang jaminan pension/hari tua. Selain itu, hampir semua instrumen yang terkait dengan kesejahteraan dan kesempatan peningkatan kompetensi mendapatkan rata-rata nilai kepuasan diatas 5. Dan secara keseluruhan rata-rata nilai kepuasan dari semua instrumen adalah sebesar 4,99 (skala 7) yang artinya praktek dan sistem pengelolaan sumber daya sudah BAIK.

Berdasarkan hasil survei tersebut serta masukan dan saran yang disampaikan dosen dan tenaga kependidikan pada bagian II dari kuesioner, tindaklanjutnya dirumuskan dalam program kerja RPU (Rencana Pengembangan Unit) Tahun 2016/2017 dari Biro/Lembaga terkait (LPPM, LPPI, LPAIK, LJM dan BAU) diantaranya yaitu Program Baitul Arqam dan Outbound Untuk Pembinaan Kedisiplinan Tenaga Kependidikan, Sosialisasi Layanan Personalia (Hak-Hak Dosen dan Tenaga Kependidikan), Pelatihan Pengusulan Jabatan Fungsional yang dibuat oleh BP-SDM.

Tim Pelaksana Survei:

  1. Drs. Muhammad Musiyam, MT.
  2. Susatyo Yuwono, S.Psi., M.Si.
  3. Ida Nursanti, ST.MEngSc.
  4. Dra. Siti Nuzila, M.Hum.
  5. Murdayanto, S.Kom
  6. Agung Siswanto, S.E.