You are currently viewing Monitoring dan Evaluasi PPG Prajabatan Bersubsidi

Monitoring dan Evaluasi PPG Prajabatan Bersubsidi

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai salah satu pelaksana Program PPG (Pendidikan Profesi Guru) Prajabatan Bersubsidi telah menerima kunjungan monev (monitoring dan evaluasi) dari Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemristek Dikti. Monev dari Dirjen Belmawa) tersebut berlangsung Selama 3 hari, Minggu-Selasa, 27-29 Mei 2018. Rombongan Monev diterima langsung oleh Prof. Dr. Harun Joko Prayitno selaku Dekan FKIP dan Prof. Dr. Sutama selaku Kaprodi PPG serta seluruh pengelola dan pelaksana PPG FKIP UMS.

Pelaksanaan monev didasarkan pada surat yang telah diterbitkan oleh Dirjen Belmawa No. 353/B2.2/KP/2018. Dirjen Belmawa menugaskan kepada Muh. Slamet dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), selaku tim pakar yang didampingi oleh Paristya Nurwardhani (Dit. Pembelajaran) dan Moch. Yusuf (Dit. Pembelajaran).

Kegiatan Monev dilakukan untuk melakukan klarifikasi data berdasarkan penjaminan mutu internal serta mengumpulkan data terkait penyelenggaraan Program PPG yang sesuai dengan butir-butir dalam instrumen monitoring dan evaluasi proses pembelajaran lokakarya. Monev diawali kunjungan lapangan ke asrama mahasiswa PPG putri, kemudian ke asrama Mahasiswa putra, ke ruang-ruang pelaksanaan lokakarya. Acara dilanjutkan dengan wawancara dan FGD bersama penyelenggara PPG, dosen pengajar PPG, sekolah mitra, guru mitra, dan mahasiswa PPG. Observasi pun juga dilakukan untuk memantau proses pembelajaran, dan observasi dokumen terkait ketercapaian standar mutu penyelenggaraan program PPG serta pemantauan penyelenggaraan program PPG tahun 2018.

Semoga dengan adanya monev ini dapat memberikan perbaikan dalam pelaksanaan PPG di UMS pada khususnya dan penyelenggara PPG pada umumnya supaya dapat memberikan manfaat bagi pelaksana PPG secara nasional guna mewujudkan guru profesional sejati yang tangguh dan mandiri ditengah-tengah Masyarakat komputasi global. (fkip.ums.ac.id)