You are currently viewing PPKM 2018, Siapkan PKM Pendanaan 2019

PPKM 2018, Siapkan PKM Pendanaan 2019

  • Post author:
  • Post category:Berita

Hasil seleksi proposal Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) yang didanai oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2018 belum lama ini telah diumumkan. Meski begitu, Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) melalui HMP Bahasa Inggrisnya sudah memulai start untuk penyiapan strategi di kompetisi PKM pendanaan 2019 nantinya.

Dalam rangka menyiapkan strategi tersebut, Prodi Bahasa Inggris menggelar Pelatihan Program Kreatifitas Mahasiswa (PPKM) 2018 dengan tema “Be a Creative Millenial Generation Through The Scientific Creation”, Selasa (22/05/2018). Lintang Chrisdianto selaku ketua panitia dalam penyelenggaraan PPKM 2018 ini menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari HMP Pendidikan Bahasa Inggris.

“Kegiatan ini merupakan salah satu proker dari HMP Pendidikan Bahasa Inggris. Terus ini adalah agenda rutin setiap tahun yang bertujuan untuk persiapan PKM tahun depan,” ucapnya.

Dia juga menyebutkan bahwa dalam kegiatan ini peserta yang terdiri dari mahasiswa Program Pendidikan Bahasa Inggris semester 2 diberikan contoh-contoh judul PKM yang sudah masuk di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Hal ini ditujukan agar mereka memiliki referensi dalam membuat judul PKM yang kreatif.

PPKM 2018 ini menghadirkan 2 pembicara yang telah memiliki pengalaman lebih dalam membimbing mahasiswa membuat proposal PKM, yaitu Laili Etika R., M.Pd dan Dwi Haryanti, M.Hum. Laili Etika sendiri memberikan materi mengenai pengenalan PKM kepada para mahasiswa.

Salah satu yang dia sampaikan adalah selain tim PKM terdiri dari 2 angkatan yang berbeda, mereka juga bisa bekerjasama dengan Prodi lain. Misalnya ketika mereka memiliki ide untuk membuat PKM Karsa Cipta, mereka hanya akan membuat konsepnya kemudian mereka dapat melakukan kerjasama mahasiswa dari Prodi lain untuk pengaplikasiannya. Sehingga kedua prodi ini dapat sama-sama memberikan kontribusi positif untuk keberhasilan PKM-nya.

Selanjutnya, Dwi Haryanti lebih memberikan strategi kepada mereka dalam penulisan proposal PKM. Menurutnya mahasiswa itu mulai semester 1 atau 2 sudah harus memikirkan karya apa yang harus dimiliki. Namun untuk menunjang hal tersebut, setiap mahasiswa wajib memiliki motivasi yang kuat dalam berkarya, sehingga nantinya ketika mahasiswa ingin membuat karya PKM, mereka dapat merasakan talent apa yang sekiranya dimiliki dan dapat dikompetisikan dalam ajang tersebut.

Selain diberikan materi para peserta juga diberikan tugas untuk membuat rancangan proposal PKM. Rancangan tersebut mereka buat sesuai dengan ketentuan jumlah tim dalam PKM tersebut. Nantinya proposal-proposal tersebut langsung diseleksi oleh kedua pembicara ini dan 30 proposal terbaik akan dipilih untuk kemudian diseleksi lagi untuk persiapan PKM mendatang.

Lintang berharap judul-judul yang telah diajukan dalam PPKM 2018 ini nantinya dapat benar-benar diseleksi. “Harapannya ya semoga ini nanti judul PKM yang dibuat oleh para peserta dapat benar-benar diseleksi, yang bagus itu yang mana aja,” harapnya. (Khairul)