You are currently viewing 322 Mahasiswa FIKP Ikuti Seleksi Student Exchange PLP2 Terintegrasi Luar Negeri dan DSPAUM

322 Mahasiswa FIKP Ikuti Seleksi Student Exchange PLP2 Terintegrasi Luar Negeri dan DSPAUM

  • Post author:
  • Post category:Berita

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Suakarta (UMS) kembali menyeleggarakan seleksi program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Terintegrasi Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKNDik) di Daerah Strategi Pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (DSPAUM) dan Luar Negeri. Acara yang dilaksanakan pada Senin, (13/05) diikuti oleh 322 mahasiswa. Antusiame tinggi terlihat sejumlah mahasiswa memenuhi tempat pelaksanaan seleksi di Auditorium Moh. Djazman UMS.

Menurut panitia pelaksana, seleksi kali ini lebih baik dari seleksi sebelumnya. Pasalnya program yang ditawarkan bertambah, sehingga mahasiswa memiliki lebih banyak pilihan dan daya tampung yang lebih banyak. Penambahan program tersebut khusunya pada program luar negeri, diantaranya penambahan universitas mitra yang berada di Malaysia yaitu Universiti Utara Malaysia.

Program PLP Terintegrasi Internasional nantinya dibagi menjadi Program Kerja Sama di sekolah lab Khon Kaen Univ, UPSI, FTU. Program CLC KJRI di Sekolah2 Sabah Kinabalu Malaysia. Serta Program SEA Teacher SEAMEO yang dilaksanakan di Philipina, Thailand, Malaysia, Singapore, Jepang, Kamboja, Brunei.

Galuh Ayu Respati, salah satu peserta yang mengambil program Luar Negeri KJRI Atdikbud menuturkan bahwa, kegiatan PLP2 terintegrasi ini merupakan suatu kesempatan yang langka yang dimiliki mahasiswa yang tidak ditemui pada fakultas lain, karena di PLP2 ini nantinya kita akan bertatap langsung oleh siswa asing di negara orang.

Galuh juga berharap kegiatan ini mampu manambah wawasan baru. “Saya berharap melalui program ini dapat menambah wawasan dan pengalaman ke internasionalan serta dapat mengembangkan kemampuan berkehidupan bermasyarakat melalui keterampilan mengajar disekolah-sekolah Internasional”, imbuhnya.

Selanjutnya dalam waktu dekat pihak pengelola PLP2 akan mengumumkan hasil dari seleksi ini, dan setelah hasil seleksi diumumkan mahasiswa peserta PLP2 diminta untuk melengkapi berkas administrasi yang harus dipersiapkan, khususnya bagi mahasiswa Luar Negeri yang harus mempersiapkan paspor dan dokumen cek kesehatan. (fkip.ums.ac.id)