You are currently viewing Dorong Budaya Literasi Mahasiswa, LEPMA FEB UMS Gelar Workshop Menulis

Dorong Budaya Literasi Mahasiswa, LEPMA FEB UMS Gelar Workshop Menulis

  • Post author:
  • Post category:Berita

Guna menumbuhkan semnagat literasi, Lembaga Pengembangan Mahasiswa (LEPMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta (FEB UMS) mengadakan Seminar Nasional dan Workshop dengan tema ‘Menumbuhkan Semangat Literasi untuk Sukses Menulis di Era Milenial’. Dihadiri kurang lebih 200 peserta, kegiatan ini berlangsung di Ruang Seminar Gedung Induk Siti Walidah UMS, Kamis (25/4/2019).

Dicky Suryoko, Ketua Panitia mengatakan, seminar digelar untuk menggerakkan budaya Literasi di kalangan mahasiswa. “Kampus sendiri kan sangat gencar unutk mendorong mahasiswanya menulis terutama penelitian dan PKM. Dan itu yang kemudian jadi keresahan bagi mahasiswa. Banyak mahasiswa yang masih belum peduli dengan budaya literasi,” ungkapnya.

Dikatakan Dicky yang juga mahasiswa jurusan Manajemen semester 4 ini, ditengah arus perubahan teknologi yang sangat pesat seperti sekarang ini, jika kebiasaan membaca, menulis dan mengkaji lemah dilakukan oleh mahasiswa, dikhawatirkan mahasiswa akan tertinggal dan tergerus oleh kemajuan. “Mungkin kalau mahasiswanya sendiri masih terlalu betah di zona nyaman tak kira ya kami akan tertinggal, seperti itu” lengkap Dicky.

Dekan FEB UMS, Dr Syamsudin, M M yang memberikan sambutan berpesan, bahwa kampus sangat mendorong mahasiswanya untuk melakukan penulisan penelitian dan PKM, karena banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Salah satu manfaat bagi UMS sendiri, yaitu menjadi nilai pendorong akreditasi kampus. “UMS ini sebentar lagi akan melakukan reakreditasi, dan FEB UMS siap menyumbangkan prestasi-prestasi baik dari seluruh Prodi yang sudah terakreditasi A, maupun prestasi dari mahasiswanya” ungkapnya.

Seminar ini dihadiri oleh dua narasumber yakni Dr. M. Rohmadi, M.Hum. seorang Dosen Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah FKIP UNS dan juga penulis buku ‘Belajar Bahasa Indonesia : Upaya Terampil Menulis dan Berbicara’. Kedua adalah Abdul Kadir, S.Pd.I. penulis buku ‘Mendidik Perspektif Psikologi’. Moderator seminar tersebut adalah Anindya Muliawati, mahasiswi FEB US peraih Medali Emas Presentasi PKM-K PIMNAS 2018 dan peraih Gold Medal Excellent Paper rom The International Institute Of Engineers and Reseachers at Seoul. (Risqi)