You are currently viewing Melibatkan Pengusaha UMKM Nasyiatul Aisyiyah, Dosen UMS Memprogram Literasi Bisnis

Melibatkan Pengusaha UMKM Nasyiatul Aisyiyah, Dosen UMS Memprogram Literasi Bisnis

 

KLATEN, Suara Muhammadiyah – Literasi bisnis merupakan hal penting, namun masih sulit didapatkan oleh pemilik usaha dengan skala mikro atau UMKM, terutama yang beroperasi di wilayah yang jauh dari perkotaan. Untuk mengangkat nilai tambah dari sebuah produk, berbagai edukasi bisnis perlu dilakukan kepada wirausaha mikro kecil dan menengah.

Nasyiatul Aisyiyah Kabupaten Klaten memiliki salah satu komunitas pengusaha kecil menengah yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Nasyiatul Aisyiyah (APUNA). APUNA terdiri dari pengusaha-pengusaha mikro kecil dan menengah yang merupakan anggota Nasyiatul Aisyiyah di Kabupaten Klaten, saat ini anggotanya mencapai 35 orang. Mereka berasal dari perwakilan ranting Aisyiyah yang tersebar di Kabupaten Klaten serta dari berbagai bidang usaha yang rata-rata masih tergolong UMKM.

Dukungan dari berbagai pihak untuk keberlangsungan UMKM agar lebih tangguh dalam menghadapi persaingan usaha sangat diperlukan, mengingat industri ini dinilai mampu bertahan di segala kondisi ekonomi. Sehingga jangan sampai dibiarkan berjalan sendiri tanpa pembinaan secara terstruktur dan intensif.

Melihat peluang tersebut, tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat Prodi S1 Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) yang diketuai oleh Dr. Didit Purnomo melaksanakan rangkaian kegiatan pengabdian untuk mendukung keberlangsungan APUNA sebagai kelompok wirausaha. Dimulai pada bulan April 2023 dan akan berakhir pada bulan September 2023.

Kegiatan yang telah dilakukan oleh tim pengabdian antara lain pelatihan inovasi bisnis (7/4), pelatihan inovasi produk pada tanggal (15/4), dan pelatihan akuntansi bisnis pada tanggal (20/5). Selain itu juga memberikan edukasi tentang marketing online yang dimulai dengan membuat akun dan membuat konten. Tujuannya agar pengusaha perempuan yang tergabung dalam APUNA mampu berbisnis secara digital mengikuti perkembangan zaman.

Rencananya, serangkaian kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini akan ditutup dengan partisipasi pengusaha perempuan yang tergabung dalam APUNA dalam expo yang bertujuan untuk mengenalkan produk-produk APUNA kepada masyarakat. Pada akhirnya, program ini diharapkan agar anggota dapat mengemas usahanya dengan baik, melalui pemanfaatan perkembangan teknologi. Sehingga nantinya dapat menjadikan anggota APUNA menjadi pengusaha yang sukses dan sustainable, serta dapat pula membantu pergerakan organisasi Nasyiatul Aisyiyah pada umumnya. (DF).

Sumber : https://suaramuhammadiyah.id/2023/05/24/melibatkan-pengusaha-umkm-nasyiatul-aisyiyah-dosen-ums-memprogram-literasi-bisnis/