You are currently viewing Peneliti UMS Inovasi Dua Bahan Ini untuk Selamatkan Lingkungan

Peneliti UMS Inovasi Dua Bahan Ini untuk Selamatkan Lingkungan

KOMPAS.com – Dua bahan ini yang dianggap sepele oleh masyarakat ternyata punya manfaat yang baik bagi kelestarian lingkungan. Oleh Kepala Program Studi Magister Teknik Mesin Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Dr. Ir. Ngafwan, M.T., berhasil melakukan penelitian dengan memanfaatkan kedua bahan tersebut. Adapun bahannya ialah getah papaya dan sekam padi. Padahal, kedua bahan tersebut sering diaggap sederhana.

Melansir laman UMS, Selasa (16/5/2023), Dr. Ngafwan coba melakukan inovasi dengan bahan getah papaya dan sekam padi. Dua bahan ini sering dianggap sepele Hal itu dia lakukan berawal dari melihat banyaknya sumber daya alam di Indonesia yang cenderung dianggap sepele dan tidak termanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Karenanya, ia berinisiatif mengolahnya menjadi sesuatu yang sangat bermanfaat untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang energi, katalis, pertanian serta dapat diaplikasikan pada kelestarian lingkungan.

Pada penelitian terdahulu, bahan berpori yang berkualitas tinggi (seperti silika) telah berhasil dikembangkan sepenuhnya hingga skala nano (ukuran yang sangat kecil). Dengan harapan dapat bermanfaat untuk mengatasi ketersediaan silika yang dapat dihasilkan secara berkelanjutan, pemanfaatan dalam riset untuk teknologi penyimpanan energi, ketahanan kekeringan pada tanaman dan berbagai masalah limbah pertanian. Dalam hal ini, sekam padi yang merupakan limbah hasil pertanian dipilih karena dapat menghasilkan silika dan mudah didapatkan.

Namun, sebagian besar produk ekstrak silika dari sekam padi belum mempertimbangkan senyawa magnesium yang memiliki potensi besar dalam produksi hidrogen untuk energi berkelanjutan.

Sumber : https://www.kompas.com/edu/read/2023/05/27/072420671/peneliti-ums-inovasi-dua-bahan-ini-untuk-selamatkan-lingkungan