You are currently viewing Hadirkan Narasumber Ternama, Perpustakaan UMS Akan Gelar Library Literacy Fest 2024

Hadirkan Narasumber Ternama, Perpustakaan UMS Akan Gelar Library Literacy Fest 2024

ums.ac.id, SOLO – Dalam rangka meningkatkan publikasi ilmiah dan kebermanfaatan sumber referensi serta memperingati Hari Pendidikan Nasional, Hari Buku Nasional, serta Hari Kebangkitan Nasional 2024, Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menyelenggarakan Library Literacy Fest 2024 yang akan dilaksanakan secara daring dan luring pada 8 – 29 Mei 2024 mendatang.

Kepala Urusan Layanan Perpustakaan UMS, Siti Musyarofah,S.I.Pust., mengatakan bahwa kegiatan tersebut ditujukan untuk Mahasiswa, Dosen, dan Civitas Akademika UMS.

“Bertujuan untuk mensosialisasikan bahwa Perpustakaan UMS memiliki sumber referensi yang banyak yang bisa dimanfaatkan semua database yang lengkap,” ungkap Siti Musyarofah pada Senin, (6/5).

Dalam rangkaian kegiatan tersebut ada 7 materi yang akan dipaparkan oleh 7 narasumber, dengan 2 materi luring meliputi : (1) Pemanfaatan Sinta dan Strategi Penggunaan Artificial Intlligence (AI) secara bijak, oleh Hardika Dwi Hermawan, S.Pd., M.Sc(ITE), Rabu, 8 Mei 2024; (2) Analisis Bibliometrik Dasar (Publish or Perish and Vosviewer), oleh Lis Setyowati, S.Sos., M.A, Rabu, 29 Mei 2024.

Adapun 5 materi yang akan disampaikan secara daring meliputi : (1) Workshop Strategi dan Pemanfaatan E-Resources Combridge, oleh Jona Giovani Harahap dari Cambridge University Press, Senin, 13 Mei 2024; (2) Workshop Strategi dan Pemanfaatan E-Resources Springer, oleh Mabel Tang dari Springer Nature, Selasa, 14 Mei 2024; (3) Pemanfaatan Turnitin dalam mendukung Integritas Akademik, oleh Jack Brazel dari Turnitin, Rabu, 15 Mei 2024; (4) Workshop Strategi dan Pemanfaatan E-Resources Emerald, oleh Sururin Maudhunah dari Emerald, Kamis, 16 Mei 2024; dan (5) Workshop Strategi dan Pemanfaatan Database Scopus, oleh Johan Jang dari Scopus, Jumat, 17 Mei 2024.

“Untuk yang luring banyak yang berhubungan dengan Jurnal Sinta, jadi kita bantu mahasiswa bagaimana cara bisa tembus ke Jurnal Sinta. Paling tidak kita memberikan sosialisasi juga mengenai cara-cara memanfaatkan fitur yang ada di Perpustakaan UMS supaya bisa tembus ke Jurnal Sinta,” tambah Siti Musyarofah.

Siti berharap kepada mahasiswa supaya mereka bisa menulis dengan baik dan benar sehingga bisa tembus kedalam Jurnal Internasional yang terindeks Scopus.

Bagi yang tertarik mengikuti Library Literacy Fest 2024, dapat mendaftarkan diri pada laman ums.id/LLF2024 tanpa dipungut biaya sepeserpun. Manfaat yang diperoleh yaitu E-Sertifikat, Ilmu yang bermanfaat, Materi, Doorprize menarik, serta Snack (bagi peserta Luring). Informasi lebih lanjut hubungi wa.me/628122866707 (Siti Musyawaroh) dan wa.me/6282141911312 (Hanun Adlan). (Yusuf/Humas)