You are currently viewing Lantik Lima Wakil Rektor Periode 2021-2025, UMS Siapkan Strategi Menuju World Class University

Lantik Lima Wakil Rektor Periode 2021-2025, UMS Siapkan Strategi Menuju World Class University

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pelantikan dihadiri oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Prof. Dr. Ir. Muhammad Zainuri, DEA, Ketua Majelis Diktilitbang Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof. H. Lincolin Arsyad, M.Sc., Ph.D., dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming, Bupati Sukoharjo Hj. Etik Suryani SE, MM, serta Pimpinan Pusat Muhammadiyah seklaigus BPH UMS Drs. H. A. Dahlan Rais, M.Hum. Acara dilaksanakan di Gedung Edutorium UMS dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 pada Rabu 2 Juni 2021.

Pelantikan dipimpin secara kangsung oleh Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si dan didampingi oleh Ketua Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah. Ada lima Wakil Rektor yang dilantik pada periode ini, sebagai berikut: Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik, Riset, Pengabdian, Publikasi, dan HAKI; Prof. Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt sebagai Wakil Rektor II Bidang Keuangan, Aset, dan Administrasi Umum; Ihwan Susila, S.E., M.Si., P.hD sebagai Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Pengkaderan; Prof. Dr. dr. EM Sutrisna, M.Kes sebagai Wakil Rektor IV Bidang Sumber Daya Manusia, Al-Islam dan Kemuhammadiyahan, dan Sistem Informasi; dan Ir. Supriyono ,MT, PhD sebagai Wakil Rektor V Bidang kerjasama dan Urusan Internasional.

Selain itu Rektor UMS menyampaikan beberapa point penting strategi UMS menuju World Class University untuk kedepannya yaitu:

  1. Pengembangan lembaga dan sistem tata kelola secara profesional dan modern, berorientasi pada good governance, berbasis IT dan terintegrasi.
  2. Pengembangan SDM (dosen dan tenaga kependidikan) yang lebih proporsional, komprehensif dan berkelanjutan, yang terintegrasi dengan system kepegawaian.
  3. Penguatan Lembaga Kerjasama Luar Negeri, dengan melakukan peningkatan dan pengembangan program internasional, baik program untuk mahasiswa maupun dosen.
  4. Pengembangan IPTEKS berbasis nilai-nilai Al-Islam dan kemuhammadiyahan dengan melakukan Pengembangan sistem kurikulum berkemajuan dengan melakukan internalisasi nilai-nilai AIK, dan berotrientasi pada kebijakan kampus merdeka.
  5. Penguatan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat secara masif dan visioner.
  6. Pengembangan prestasi kemahasiswaan dengan berbasis kolaborasi dan sinergitas dengan tugas akhir mahasiswa melalui koordinasi dengan pihak fakultas, dan pembimbing skripsi atau tugas akhir.
  7. Mengembangkan sinergitas antara LPIK (Lembaga Pengembangan Al-Islam Kemuhammadiyahan) dengan fungsi pondok (3 pondok) yang berbasis pada sistem perkaderan persyarikatan.
  8. Pengembangan unit-unit usaha untuk mendukung era kemandirian PT yang telah menjadi kebijakan Pemerintah.

“Ada 8 point strategi menuju World Class University antara lain pengembangan SDM, IT, Kerjasama Luar Negeri Reaktualisasi pengembangan IPTEK berbasis keislaman, ” ujar Rektor UMS dalam sambutannya.

Pada kesempatan yang sama juga Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming mengucapkan selamat untuk wakil rektor yang telah dilantik dan berharap dengan pelantikan ini dapat memajukan anak-anak muda khususnya di daerah Solo dan sekitarnya.

“Saya ucapkan selamat untuk wakil-wakil rektor ums yang telah dilantik hari ini dapat memajukan anak-anak muda khususnya di kota Solo.” ujar Gibran, Walikota Solo. (Brondy/Humas)