SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren Memperkokoh Jejak Pendidikan dan Lingkungan

  • Post category:Muhammadiyah
  • Reading time:4 mins read
You are currently viewing SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren Memperkokoh Jejak Pendidikan dan Lingkungan

ums.ac.id, Margasari – SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren di Margasari, Kabupaten Tegal, memulai tahun 2024 dengan berbagai kegiatan yang mengukuhkan posisinya dalam pendidikan dan lingkungan. Pada bulan Januari, sekolah ini menjadi tuan rumah Pengukuhan PRM & PRA se-Kecamatan Margasari, dihadiri oleh lebih dari 800 warga Muhammadiyah dari Kabupaten Tegal. Acara ini dipandu oleh Dr. H.M.Busyro Muqoddas, S.H., M.Hum, dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah, yang memberikan wawasan penting tentang pengembangan pendidikan di komunitas Muhammadiyah.

Pada tanggal 9 Januari, sekolah ini memulai semester kedua tahun ajaran 2023-2024 dengan Apel Pembukaan, memotivasi siswa untuk menghadapi tantangan belajar yang baru. Langkah selanjutnya, pada tanggal 12 Januari, SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren diundang untuk hadir dalam Cambridge Educational Partner Forum, menandai langkah maju dalam penyediaan kurikulum berbasis Cambridge di lingkungan Muhammadiyah.

Tidak hanya fokus pada kurikulum, SMP AT-TIN UMP juga aktif dalam pengembangan sekolah dan pelayanan yang unggul. Pada tanggal 13 Januari, delegasi sekolah menghadiri Seminar Branding Sekolah dan Excellent Service yang diselenggarakan oleh SMP UMP, untuk memperdalam strategi branding sekolah dan pelayanan prima kepada konsumen.

BACA JUGA Optimalkan Potensi Masyarakat Desa Manjung Boyolali, Tim PPK Ormawa UMS Lakukan Sosialisasi Menuju Desa Cerdas

Memasuki tanggal 24 Januari, sekolah membuka pendaftaran siswa baru secara online, menggunakan berbagai platform media sosial dan portal berita untuk menjangkau masyarakat lebih luas. Momentum penting lainnya adalah pada tanggal 28 Januari dengan diselenggarakannya Seminar Literasi Hijau dan Launching Gerakan Literasi Hijau AT-TIN, dihadiri oleh Wakil Dikdasmen dari PP. Muhammadiyah.

Tidak hanya dalam ranah pendidikan, SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren juga aktif dalam menjaga lingkungan hidup. Pada tanggal 31 Januari, sekolah mengadakan audiensi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Tegal, untuk menjalin kerjasama dalam program Green School, dengan harapan dapat mewujudkan visi sekolah adiwiyata.

Februari 2024 menjadi bulan yang sarat dengan kunjungan dan kegiatan edukatif. Pada tanggal 1 Februari, kepala sekolah baru SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren mengunjungi Dinas Dikbud Kabupaten Tegal untuk memperkenalkan diri dan menyampaikan perubahan nama sekolah. Kemudian, pada tanggal 2 Februari, Wakil Rektor II UMP meninjau potensi lahan sekolah dan menyerahkan mobil operasional sekolah, sebagai bagian dari dukungan UMP terhadap pengembangan infrastruktur pendidikan.

Kunjungan ke KWK Kecamatan Margasari pada tanggal 2 Februari, menambahkan dimensi silaturahmi dengan komunitas lokal, sambil mempromosikan AT-TIN Olympiade kepada siswa SD se-Kecamatan Margasari. Pada tanggal 4 Februari, SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren mengadakan Seminar Pendidikan dengan tema “Semangat Kepemimpinan”, dihadiri oleh kepala sekolah SD se-Kecamatan Margasari, sebagai langkah untuk memperluas jaringan dan memperkenalkan sekolah kepada komunitas pendidikan dasar.

Pada tanggal 7 Februari, guru-guru sekolah mengikuti Inhouse Training dan Hypnotherapy, untuk meningkatkan manajemen sekolah dan semangat belajar siswa. Kerjasama dengan Petani Muda Kabupaten Tegal, dimulai pada tanggal 9 Februari, sebagai upaya untuk mengintegrasikan pertanian modern dalam program Green School.

Sosialisasi ke sejumlah SD di sekitar Margasari dilakukan pada tanggal 19 dan 20 Februari, memperluas jangkauan penerimaan siswa baru dan memperkuat hubungan dengan sekolah dasar setempat. Pada tanggal 22 Februari, SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren mengadakan audiensi dengan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Tegal, untuk merencanakan Tabligh Akbar dan Pengajian Jelang Ramadhan, sebagai bagian dari kolaborasi dengan PDM.

BACA JUGA Wow UMS Berhasil Ungguli PTN Favorit! Jadi Top 3 Bidang Good Health and Wellbeing Versi THE Impact Rankings 2024

Maret 2024 dimulai dengan Tabligh Akbar dan Pengajian Jelang Ramadhan pada tanggal 3 Maret, dihadiri oleh lebih dari 1.000 warga Muhammadiyah dari Kabupaten Tegal, dengan pengajian inti oleh tokoh Muhammadiyah ternama. Sekolah juga menggelar PTS/STS dari tanggal 4 hingga 9 Maret sebagai penilaian sumatif tengah semester.

Ramadhan diisi dengan serangkaian kegiatan “Ramadhan Improve!” mulai dari 11 Maret hingga 11 April, termasuk acara pembukaan, reciting Qur’an together, haqibah, kuliah ringkas menjelang berbuka, mentoring tajwid santri, dan ngabuburead. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas amaliyah dan semangat keagamaan siswa selama bulan suci.

SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren juga aktif dalam program literasi dan lingkungan, dengan kunjungan literasi ke Kantor Radar Tegal pada tanggal 13 Juni, serta pelaksanaan Sholat Iedul Adha dan penyembelihan hewan qurban di sekolah pada tanggal 17 Juni. Juni 2024 juga ditandai dengan Study Tour ke UMP, termasuk kunjungan ke laboratorium kultur jaringan kelapa kopyor dan pembekalan literasi di perpustakaan UMP.

Sebagai penutup tahun ajaran, SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren mengadakan Penilaian Sumatif Akhir Tahun pada bulan Mei dan Juni, serta menggelar Haflah Takharruj sebagai acara perpisahan untuk siswa kelas IX.

Dengan rangkaian kegiatan yang beragam dan komprehensif, SMP AT-TIN UMP Berbasis Pesantren terus memperkuat jejaknya dalam memberikan pendidikan berkualitas dan berkontribusi aktif dalam pembangunan lingkungan hidup di wilayahnya.