You are currently viewing Ditengah Pandemi Covid-19, UMS Laksanakan Sholat Idul Adha di dalam Masjid Hj. Sudalmiyah Rais

Ditengah Pandemi Covid-19, UMS Laksanakan Sholat Idul Adha di dalam Masjid Hj. Sudalmiyah Rais

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1441 H di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kali ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan Sholat Idul Adha sebelumnya. Jika biasanya sholat Idul Adha dilaksanakan di halaman Gedung Induk Siti Walidah UMS, yang cukup luas dengan rumput hijau sehingga bisa menampung jamaah dengan jumlah banyak.

Namun, kali ini sholat Idul Adha dilaksanakan di dalam Masjid Sudalmiyah pada Jumat (31/7/2020) lantaran masih dalam situasi pandemi Covid-19. Karena itulah pelaksanaan Sholat Idul Adha tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, jaga jarak, cuci tangan dan seterusnya.

Walau demikian hal tersebut tidak mengurangi esensi dan kekhusukan dari menunaikan ibadah Sholat Idul Adha tahunan ini. Kekhusuyukan dan kehidmatan jemaah tetap terjaga.

Pada kesempatan ini bertindak sebagai imam sekaligus khatibnya ialah Ustadz Dr. Mu’inudinillah Basri MA, dosen Fakultas Agama Islam (FAI) UMS. Ustadz Mu’in begitu sapaan akrabnya menyampaikan betapa pentingnya iman pada jiwa manusia.

Jika iman sudah tertanam pada jiwa, begitu kata Ustadz Mu’in, maka tidak akan ada keraguan pada dirinya dalam menjalankan perintah Allah SWT seperti halnya kisah Nabi Ibrahim yang diperintah Allah SWT untuk menyembelih putranya sendiri, Nabi Ismail.

“Kisah tersebut sangat melegenda dan sampai dengan sekarang ini perintah tersebut masih dilaksanakan oleh umat Islam dengan menyembelih hewan Qurban setiap hari raya Idul Adha,” urainya. (Bangkit N/Humas).