You are currently viewing LPIDB UMS Gelar LBBI, 15 Mahasiswa Asing Saling Berlomba

LPIDB UMS Gelar LBBI, 15 Mahasiswa Asing Saling Berlomba

  • Post author:
  • Post category:Berita

Lembaga Pengembangan Ilmu Dasar dan Bahasa Universitas Muhammadiyah Surakarta (LPIDB UMS) telah usai menggelar Lomba Bernyanyi Bahasa Indonesia atau disebut LBBI. Lomba tersebut diikuti sebanyak 15 mahasiswa asing dari program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing), KNB (Kemitraan Negara Berkembang), dan DRI (Darmasiswa Rep.Indonesia) yang mewakili 12 Negara di Dunia. LBBI Online yang telah terlaksana bulan Juni-Juli ini, memperebutkan total hadiah sebesar 5 juta rupiah.

“Peserta merupakan Mahasiswa yang sedang belajar bahasa dan kultur budaya Indonesia kurang lebih selama satu tahun,” ujar Yeny Prastiwi, Ph.D selaku Kepala Bidang Pengembangan & Pelayanan Bahasa LPIDB UMS.

Alasan diadakannya LBBI online tahun 2020 ini untuk mendukung usaha yang dilakukan Pemerintah dalam rangka menjadikan bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa International dan secara khusus mendukung upaya kampus UMS dalam penguatan reputasi Internasional. “Ini emmbantu mewujudkan UMS sebagai kampus berpredikat World-Class University” sambung Yeny Prastiwi.

Direncanakan sebelumnya, LBBI diadakan secara luring atau offline. Namun pada prosesnya mengalami kendala pelaksankaan secara luring, akibat pandemi COVID-19 sehingga lomba diadakan secara daring atau online. Dalam pelaksanaannya peserta membuat video dan menyanyikan lagu berdasarkan instrumen yang diberikan panitia. Namun peserta juga boleh diiringi oleh alat musik sendiri.

“Setelah selesai, peserta menggunggah di google drive dan melakukan konfirmasi kepada panitia. Kemudian Panitia mengunggahnya di youtube resmi yaitu LPIDB UMS. Barulah dilakukan penilaian oleh dewan juri,” jelasnya.

Peserta Lomba Bernyanyi Bahasa Indonesia (LBBI 2020) memperebutkan Juara I, II dan III yang dihitung berdasarkan penilaian dewan juri. Serta Juara Favorit yang dihitung berdasarkan jumlah tayangan yang ada di youtube official dari LPIDB UMS. Dewan Juri teridiri dari DR. Dwi Purnanto (UNS), DR. Anna Rosmiati, M.Hum (ISI Surakarta) dan DR.Laili Etika Rahmawati (UMS).

Panitia yang terlibat dalam agenda LBBI 2020, terdiri dari Buddy BIPA UMS dan para relawan. “Perlu kami informasikan bahwa Buddy adalah mahasiswa UMS yang terpilih melalui proses seleksi dan mereka bertugas untuk mendampingi kegiatan mahasiswa KNB & DRI selama mengikuti program BIPA selama 2 semester di LPIDB UMS” pungkas Yenny. (Risqi/Humas)

Berikut daftar pemenang lomba bernyanyi bahasa Indoesia tahun 2020 :

  • Juara 1 : Andriamampionona Lalaina Tienh – Madagaskar – Universitas Universitas Diponegoro (UNDIP) dengan total nilai 268
  • Juara 2 : Therese Maria Abigail Ledesma – Filipina – Universitas Indonesia (UI) dengan total nilai 261
  • Juara 3 : Zoarinala Faratina Irene Arson – Madagaskar – Universitas Sebelas Maret (UNS) dengan total nilai 256.5
  • Juara Favorit : Namayanja Sumayiyah – Uganda – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) dengan 2,7 ribu penonton.