You are currently viewing UMS, Satu-Satunya Kampus di JATENG-DIY Pelaksana Program Wirausaha Merdeka

UMS, Satu-Satunya Kampus di JATENG-DIY Pelaksana Program Wirausaha Merdeka

PABELAN – Tim pengusul Program Wirausaha Merdeka dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil terpilih sebagai salah satu dari 17 Perguruan Tinggi pelaksana Program Wirausaha Merdeka (PWM) Se-Indonesia, dan satu-satunya Perguruan Tinggi di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Hal ini disampaikan pada Grand Launching oleh Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia yang dilaksanakan pada Jumat, 15 Juli 2022.

Pada saat diwawancarai, Ketua Tim Pengusul Program Wirausaha Merdeka Dr. Ir. Suranto ST., MM., MSi., menyampaikan rasa syukur karena UMS menjadi salah satu yang dipercaya dalam program ini, karena sebenarnya ada lebih dari 100 pengusul proposal yang mengajukan dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta.

“Alhamdulillah hari ini launching, dan UMS menjadi penyelenggara program terpilih dari regional Jateng-DIY. Salah satunya karena UMS memiliki studi inkubator wirausaha bisnis dan punya latar belakang UMS sebagai salah satu kampus terbaik dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah VI Jawa Tengah sebagai pelaksana kegiatan MBKM,” papar Suranto, Jumat (15/7)

Ia juga menambahkan, bahwa Program Wirausaha Merdeka bagi mahasiswa ini ada kaitannya dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), tentu dengan keterkaitan dan relevansi ini mampu mendukung adanya program tersebut sehingga UMS dipilih sebagai penyelenggara kegiatan dari Kemendikbud Ristek ini. Melihat satu di antara delapan aktivitas MBKM adalah wirausaha.

“Banyak elemen yang turut mendukung dalam usulan program ini, seperti Lembaga Riste dan Inovasi (LRI), Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPMPP), Lembaga Jaminan Mutu (LJM) dan Pimpinan juga banyak mendukung dalam keberhasilan UMS menjadi salah satu penerima program PWM,” kata Wakil Rektor I, Prof Dr Joko Prayitno.

Menurut Harun Joko Prayitno, dalam kesiapan  ini, UMS sudah menyiapkan fasilitas, materi, dan instruktur yang memiliki pengalaman di bidangnya dan juga fasilitas pendukung lainnya.

“Kami berharap dengan adanya program ini mampu melahirkan generasi muda yang lahir dan mahir dalam dunia wirausaha,” jelasnya. (Fika/Humas)