Alhamdulillah! Kesmas UMS Telah Terakreditasi Unggul oleh LAM-PTKes

  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Alhamdulillah! Kesmas UMS Telah Terakreditasi Unggul oleh LAM-PTKes

ums.ac.id, SOLO – Prodi Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIK) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) berhasil mendapatkan predikat Unggul dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) yang tercatat pada hasil Surat Keputusan LAM-PTKes No: 0431/LAM-PTKes/Akr/Sar/VI/2024.

Kesmas UMS berhasil mendapatkan predikat Unggul setelah berupaya untuk meningkatkan di berbagai bidang seperti tata kelola, fasilitas, ataupun torehan prestasi dari mahasiswa Kesmas UMS. Hal tersebut disampaikan oleh Kaprodi Kesmas UMS Dr. Yuli Kusumawati, S.KM., M.Kes(epid).

“Kami memang dalam 5 tahun terakhir ini berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kualitas program studi baik mulai dari tata kelola, kemudian sampai kemahasiswaan, prestasi, kemudian sarana prasarana kita optimalkan. Kita usahakan maksimal dan kemarin sudah kita berusaha mempersiapkan akreditasi itu kurang lebih 8 bulan,” ungkap Yuli.

Yuli juga menyampaikan bahwa dari Kesmas UMS telah mempersiapkan data-data yang diperlukan pada evaluasi diri yang kemudian dinilai oleh asesor. Kaprodi Kesmas UMS meneruskan bahwa asesor menilai kinerja dari Kesmas UMS telah meningkat daripada sebelumnya sehingga layaknya untuk mendapatkan predikat Unggul.

Dari segi sarana dan prasarana pembelajaran, Kesmas UMS telah meningkatkannya termasuk pada laboratorium.

“Sembilan laboratorium yang ada di borang akreditasi kita bisa memenuhi semua, kemudian Sumber Daya Manusia (SDM) yang dulu 5 tahun yang lalu itu kita masih terbatas nah kita sudah memenuhi semua, kita ajukan ke universitas dan universitas sudah mengabulkan untuk dipenuhi kekurangan SDM, dan juga kualifikasinya ditingkatkan,” ujar Kaprodi Kesmas UMS itu.

Kesmas UMS juga mendorong mahasiswanya untuk meningkatkan prestasinya tidak hanya pada tingkat nasional tetapi hingga kancah internasional baik di bidang akademik maupun non akademik. Keberhasilan ini juga mendukung penilaian Prodi Kesmas ketika mengikuti akreditasi.

“Beberapa kali mahasiswa kita prestasinya itu sudah internasional udah lumayan banyak ya baik itu lomba-lomba ilmiah ya, presentasi ilmiah ataupun yang bakat dan bakat seni dan bakat itu ya. Kita ada karate itu ada dua (berhasil) ke internasional kemudian yang lomba inovasi tingkat internasional itu juga kita sudah meraih beberapa kali prestasi internasional,” paparnya.

Kaprodi Kesmas UMS itu berharap, setelah diraihnya predikat Unggul yang sebelumnya predikat B, prodi dapat mempertahankan dan meningkatkannya lagi.

“Dengan sekarang itu diraih predikat Unggul untuk Prodi Kesehatan Masyarakat nanti tetap kita akan progres untuk mempertahankan dan memenuhi saran-saran dari asesor,” terangnya.


Dia menegaskan akan terus mengoptimalkan beberapa hal untuk menjaga predikat dan kualitas Prodi Kesmas UMS. (Maysali/Humas)