Kontes Robot Indonesia 2024 di UMS Tampilkan Sajian Terbaik

  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing Kontes Robot Indonesia 2024 di UMS Tampilkan Sajian Terbaik

ums.ac.id, SURAKARTA – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sebagai tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) tingkat Nasional memberikan sajian terbaiknya dalam menyambut peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

PIC Acara Pembukaan dan Penutupan, Drs. Iswahyudi Tejo Yuwono, M.Sn., mengungkapkan alhamdulillah UMS bersedia menjadi tuan rumah Kontes Robot Indonesia (KRI) tahun 2024.

“Dari konsep acaranya sendiri, tentu kami perlu mempelajari karena ini event tahunan yang sudah ada sejak 2003. Terlebih saya memegang konsep acara pembukaan dan penutupan dengan melihat penyelenggaraan sebelumnya,” ungkapnya saat penutupan KRI 2024 di Edutorium KH Ahmad Dahlan UMS Jumat, (5/7) malam.

Dia menyampaikan, kegiatan KRI mulai tahun lalu kebetulan sudah off air, jadi tim dapat belajar dari konsep yang telah dilakukan pada tahun sebelumnya.

“Kemudian kami memikirkan kira-kira bagaimana penyelenggaraanya, dan Alhamdulillah UMS dengan venue Edutorium KH Ahmad Dahlan yang memiliki tempat yang bisa menampung 6 divisi KRI, dan satu lagi di kolam renang Assalam,” tambahnya.

Sehingga, lanjutnya, pada tahun ini acaranya harus lebih baik dari segi hiburannya, agar peserta maupun penonton tidak bosen ketika menunggu sesi penutup. Ketika pembukaan mungkin para peserta masih sibuk dengan robot masing-masing, tetapi untuk penutupan pasti semua mata tertuju pada acara.

“Kita rancang semaksimal mungkin supaya dari pihak penyelenggara BPTI dapat puas dengan agenda KRI tahun ini. Sesuai arahan ketua panitia, Pak Rois bahwa KRI di UMS harus mengesankan bagi penyelenggara maupun peserta,” tegasnya.

Iswahyudi berharap, penonton dapat menikmati sajian dan mereka merasa terhormat dengan adanya KRI tahun 2024.

“Seperti halnya pada penutupan ini, kami mengonsep bagaimana acara anugerah prestasi mampu membuat peserta terpukau. Sajian dari berbagai band dan penampilan tari dengan membawa konsep ‘Arjun Mencari Cinta’ mampu menambah suasana kemeriahan KRI di UMS,” pungkasnya.

Salah satu penampil gelaran Kontes Robot Indonesia, Ismi Azizah mengungkapkan mahasiswa UMS diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuan bernyanyi maupun nge-band sebagai salah satu hiburan yang berlangsung di Edutorium UMS ini.

“Saya sebagai vokalis sudah perform dari pembukaan, hingga acara penutupan. Untuk tim yang dilibatkan berbeda-beda, tetapi kalau vokalis tetap. Jadi ini kolaborasi dari berbagai Unit Kegiatan Mahasiswa dari berbagai lini, seperti Mela dari Rapma FM dan Tegar dari Wamsinomi,” papar mahasiswi FKIP UMS itu.

Ismi menyampaikan hal tersebut dikarenakan melihat siapa personil band yang siap. Sehingga dari segi persiapan, penampilan langsung improve dan tampil untuk menghibur peserta maupun penonton KRI tahun 2024 ini.

“Senang sekali, setelah perhelatan Muktamar Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah ke-48 di UMS, kini Kontes Robot Indonesia tingkat Nasional di mana UMS menjadi tuan rumah kami dapat berkontribusi untuk menampilkan beberapa lagu yang dapat dinikmati para peserta dari seluruh Indonesia. Tentu kami sangat bangga,” ungkap Ismi deskripsikan perasaannya. (Fika/Humas)