KRI 2024 Resmi Ditutup, Gelaran Bergengsi Telah Berjalan Lancar dan Tertib

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing KRI 2024 Resmi Ditutup, Gelaran Bergengsi Telah Berjalan Lancar dan Tertib

ums.ac.id, SOLO – Kontes Robot Indonesia (KRI) 2024 resmi usai. Penutupan dan pengumuman juara telah disampaikan secara langsung di Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Jumat (5/7) malam.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., menyampaikan kebahagiaannya atas kesempatan UMS yang dipercaya untuk menjadi tuan rumah pelaksana KRI 2024. Dia tidak menyangka kegiatan bisa berjalan dengan lancar, aman, dan tertib.

Selain itu, dia menyampaikan kegembiraannya karena sempat menyaksikan pertandingan final dari berbagai divisi kontes robot ini. Dia kagum atas kreativitas anak muda yang ditunjukan melalui jati diri mahasiswa yang penuh inovasi dan kreativitas.

“Saya selaku orang tua yang juga memimpin sebuah perguruan tinggi sangat senang sangat bangga dan saya sangat optimis Indonesia emas pasti akan bisa tercapai pada tahun 2045 dengan adanya mahasiswa kreatif menjadi motivator,” ungkapnya saat mengagumi kreativitas para mahasiswa.

Selain itu, Sofyan Anif juga menyampaikan meskipun UMS tidak meraih juara, UMS sangat ikhlas dengan hasil tersebut, karena dalam beberapa hari ini UMS bisa mewujudkan dan sekaligus menyaksikan bagaimana terjadinya kegiatan.

“Kami tidak menang tapi kami mendapatkan pengalaman yang begitu banyak bahkan kami jauh dari menang, tetapi pengalaman yang kami dapatkan selama beberapa hari ini mampu memotivasi, mampu membangun semangat yang luar biasa,” ungkapnya.

Kemudian Anif juga menceritakan sedikit obrolannya tentang komentar dengan dewan juri mengenai tim UMS yang ikut berlomba robotika ini.

“UMS tidak begitu bersemangat untuk menjadi juara karena kami tahu kemampuan kami, tapi justru pelaksanaan yang kami jadikan untuk membangun kekuatan proses. Yang paling tidak kami butuh waktu tiga tahun untuk bisa menjadi juara tidak hanya di tingkat Indonesia tapi tingkat internasional,” tegasnya.

Untuk itu, Rektor UMS berterima kasih atas kepercayaannya sehingga bisa mendapatkan pengalaman dan motivasi untuk maju dalam mengembangkan robotika di UMS.

Dalam kesempatan itu, terdapat penyerahan penghargaan dari Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) kepada Rektor UMS selaku tuan rumah KRI Nasional 2024. Selain itu, acara dilanjutkan penyerahan sekaligus ucapan terima kasih dari UMS kepada 10 tim juri yang telah melaksanakan tugas dan tanggungjawab secara penuh dalam proses perlombaan tersebut.

Ketua Dewan Juri Prof. Dr. Eng. Drs. Benyamin Kusumoputro, M.Eng., dalam kesempatan tersebut juga memberikan komentarnya atas peserta KRI 2024 yang telah bertanding untuk menunjukkan kreasi dan inovasinya.

“Bangga dengan prestasi mahasiswa. Sportif, jujur, beretika,” tulisnya menutup acara seremonial malam itu. (Maysali/Humas)