Tingkatkan Kesehatan dan Ketenangan Caregiver dan Lansia, Tim PKM-PM UMS Berikan Penyuluhan dan Meditasi

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing Tingkatkan Kesehatan dan Ketenangan Caregiver dan Lansia, Tim PKM-PM UMS Berikan Penyuluhan dan Meditasi

ums.ac.id, SURAKARTA – Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) memberikan kontribusi nyatanya melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa- Pengabdian Masyarakat (PKM-PM) kepada Komunitas Alzheimer Solo Raya.

Kegiatan pengabdian ini merupakan kolaborasi mahasiswa dari 3 prodi yakni Fisioterapi, Psikologi dan Teknik Arsitektur. Kegiatan ini diketuai oleh Dian Rahayu Wijayanti dengan anggota Fariskha Diva Cellya Oktaviana, Nadzifa Salsabila Haris Putri, Tara Husnul Khotimah, dan Febrian Muhamad Satriya.

Pada pertemuan ke-3 (23/6) yang dilaksanakan di Rumah Budaya Keraton Surakarta, mahasiswa UMS ini memberikan edukasi dan pendampingan terhadap caregiver dengan melakukan kolaborasi bersama mitra yaitu Komunitas Alzheimer Solo Raya.

“Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan para caregiver mengenai aktivitas fisik dan meditasi yang bermanfaat untuk mengurangi kelelahan serta memberikan ketenangan bagi para caregiver. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengedukasi caregiver dan lansia terkait jenis-jenis exercise yang dapat dilakukan di rumah agar tubuh tetap sehat dan bugar selama merawat lansia ODD (Orang Dengan Demensia),” ungkap Dian Rahayu Wijayanti, Rabu, (10/7).

Pada kegiatan tersebut, caregiver ODD Alzheimer antusias untuk mengikuti rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir. Dalam kegiatan, para peserta mendapatkan penyuluhan tentang pentingnya aktivitas fisik dan meditasi untuk menjaga kesehatan fisik dan mental.

“Berbagai aktivitas yang disajikan dalam kegiatan ini meliputi dilakukannya sesi meditasi, serta demonstrasi exercise yang bisa dilakukan di rumah. Peserta juga berkesempatan untuk langsung mempraktikkan meditasi dan beberapa gerakan exercise yang dipandu oleh Tim PKM-PM,” tambah Ketua Tim.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para caregiver dan lansia, meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh dan pikiran, serta mengurangi tingkat kelelahan yang sering mereka alami.

Selaku Ketua Tim, Dian menyampaikan terima kasih kepada mitra yang telah bekerja sama, juga berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa mendatang untuk mendukung kesehatan dan kesejahteraan para caregiver dan lansia.

Salah satu peserta, Imelda yang merupakan seorang caregiver menyampaikan bahwa kegiatan yang diinisiasi oleh mahasiswa UMS ini sangat bermanfaat.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami sebagai caregiver. Kami jadi lebih mengerti cara menjaga kesehatan fisik dan mental kami sendiri, sehingga kami bisa lebih baik dalam merawat orang-orang yang kami sayangi,” ungkapnya. (Maysali/Humas)