UMS Ikut Serta dalam Job Fair Career Expo 2024, Bursa Kerja Terbesar di Solo Raya

  • Post category:Berita
  • Reading time:2 mins read
You are currently viewing UMS Ikut Serta dalam Job Fair Career Expo 2024, Bursa Kerja Terbesar di Solo Raya

ums.ac.id, SOLO – Jadi salah satu anggota dari 38 perguruan tinggi yang bergabung di Forum Pusat Karir Perguruan Tinggi Solo Raya, Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) ikut serta dalam meramaikan acara yang bertajuk “Job Fair Career Expo 2024” dan acara tersebut merupakan bursa kerja terbesar di solo raya yang digelar di Graha Wisata Niaga Surakarta, Rabu, (10/7).

Merupakan Job Fair yang ke-3, acara tersebut menyajikan lebih dari 60 perusahaan meliputi 46 perusahaan offline dan 20 perusahaan online. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Forpuska Perguruan Tinggi Solo Raya, Ir. Saprudin Hamdani, saat sambutan.

“Ini adalah salah satu kegiatan yang bisa untuk menyerap tenaga kerja sekitar solo raya. Sebagai perguruan tinggi, kewajiban kita menyelenggarakan ini,” kata Saprudin.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Ketenagakerjaan RI, Ir. Afriansyah Noor, S.T., M.Si., IPU., menyampaikan sesuai dengan Perpres no.68 Tahun 2022, no.57 Tahun 2023, dan Permenaker no.5 Tahun 2024 bahwa Perguruan Tinggi sebagai ujung tombak penciptaan tenaga kerja, betul-betul harus berkolaborasi dengan ketenagakerjaan.

“Ini perlu dilakukan kolaborasi antara dunia pendidikan dengan dunia ketenagakerjaan, karena sinkronisasinya jelas. Setelah mahasiswa mengenyam pendidikan, tujuan utamanya adalah bagaimana mereka bisa kerja,” jelas Afriansyah.

Menindaklanjuti pernyataan dari Afriansyah, Kepala Bagian Karir dan Alumni, Dr. Nur Hidayat, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa UMS mempunyai beberapa program selain job fair.

“Kita juga ada program bursa kerja yang bernama Campus Hiring yang bekerjasama dengan perusahan-perusahaan yang sudah menjadi mitra kita,” papar Nurhidayat.

Ia menerangkan selama ini, hampir 30% alumni yang mengikuti Campus Hiring diterima di General Hospital di Arab Saudi.

“Beberapa waktu lalu juga ada Campus Hiring yang bekerjasama dengan shopee, dan besok Senin, (15/7) nanti kita akan ada Career Bootcamp dilanjutkan dengan rekrutmen yang bekerjasama dengan Perusahaan Teleperformance yang akan diadakan di Ruang Seminar Lt.7 Gedung Induk Siti Walidah UMS,” pungkasnya. (Yusuf/Humas)