UMS Selenggarakan FGD, Fokuskan Strategi Menuju World Class University

  • Post category:Berita
  • Reading time:3 mins read
You are currently viewing UMS Selenggarakan FGD, Fokuskan Strategi Menuju World Class University

ums.ac.id, SOLO – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) membahas strategi perangkingan World Class University. Pada seri ke-2 ini pembahasan lebih fokus pada academic dan employer reputation yang dijembatani oleh kerja sama.

Kegiatan ini terlaksana di Ruang Sidang BPH Lantai 6 Gedung Induk Siti Walidah, Rabu (10/7) yang diikuti oleh pimpinan universitas, biro atau unit, dan pimpinan fakultas.

Rektor UMS Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si., dalam kesempatan tersebut menyampaikan, bahwa pertemuan ini menjadi upaya strategis untuk pemeringkatan UMS.

“Pertemuan ini tentunya memiliki makna yang sangat strategis ya di dalam upaya kita untuk meningkatkan kualitas kita meningkatkan pemeringatan kita. Ini seri yang ke-2 lebih difokuskan pada akademik reputation dan akademik employer yang menjadi kelanjutan dari yang pertama,” ujar Sofyan Anif.

Sofyan Anif melihat bahwa pemeringkatan ini sangat dinamis, dan harus menyusun strategis.

“Kita perlu harus menyusun satu strategi yang tentu strategis ini harus bisa kita jadikan sebagai rujukan untuk teman-teman yang memiliki kemenangan dan tanggung-jawab di situ itu punya arah
setelah kita rumuskan sehingga tidak saling melempar tugas, saling melempar tanggung jawabnya,” tambahnya.

Jika kita konsisten, lanjutnya, maka akan bisa mengikuti pemeringkatan.

Rektor UMS meminta agar nanti setelah dirumuskan dapat segera diputuskan dan segera diimplementasikan.

Wakil Rektor V UMS Prof. Supriyono , S.T., M.T., Ph.D., menyampaikan menindaklanjuti pada FGD seri pertama menargetkan pada QS World University Rankings, pada seri ke dua mengacu pada indikator perangkingan QS. Pelaksanaan diskusi ini, akan dilakukan hingga seri yang ke empat.

Supriyono juga memaparkan mengenai QS World University Ranking 2025 yang memiliki pembobotan indikator yang berbeda. UMS akan memfokuskan pada academic reputation 30% employer reputation 15%.

“Academic reputation ini mengukur pandangan akademisi dari seluruh dunia tentang institusi pendidikan tinggi berdasarkan pengalaman dan pengetahuan mereka tentang kinerja akademik dan penelitian dari institusi pendidikan tinggi tersebut,” paparnya.

Pemaparan selanjutnya disampaikan oleh Kepala Biro Humas dan Pemeringkatan (BHP) UMS, Dr. Gunawan Ariyanto, S.T., M.Comp.Sc, Ph.D. dan Fajar Suryawan, S.T., M.Eng.Sc., Ph.D selaku Kabid Manajemen Data & Pemeringkatan BHP.

Supriyono meyakinkan, bahwa UMS akan dapat melakukan optimisasi dan efisiensi dalam meraih pemeringkatan tersebut.

 

“Harapan kami, FGD series akan membangkitkan kesadaran dan akhirnya nanti kita seluruh unit dan fakultas akan berpartisipasi membawa UMS menuju World Class University,” pungkasnya.

Kemudian diskusi FGD dipandu oleh Kepala Biro Kerjasama dan Urusan Internasional (BKUI) UMS Andy Dwi Bayu Bawono, S.E., M.Si., Ph.D. (Maysali/Humas)