You are currently viewing Tirakatan Virtual, Rektor UMS Sampaikan Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

Tirakatan Virtual, Rektor UMS Sampaikan Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Menghadapi Pandemi Covid-19

  • Post author:
  • Post category:Berita

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) Prof. Dr. Sofyan Anif, M.Si. menjadi narasumber dalam kegiatan Tirakatan Virtual Nasional yang digelar Solopos Group. Kegiatan yang mengusung tema ‘Menempa Semangat Kebangsaan di tengah Pandemi’ ini, juga menghadirkan beberapa tokoh penting, seperti Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan beberapa tokoh nasional lainnya.

Tirakatan ini langsungkan secara virtual, pada Minggu (16/8/2020). Rektor UMS menyebutkan pada dasarnya masyarakat di Indonesia memiliki semangat gotong royong saling menolong, berbagi dan disiplin. Tapi tampaknya, penanganan Covid-19 ini, masih butuh usaha yang lebih keras lagi untuk menyadarkan masyarakat khususnya tentang kedisiplinan menaati protokol kesehatan.

“Permasalahan mendasar kita adalah kedisiplinan. Masih banyak masyarakat yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya.

Sofyan Anif melihat, kedisiplinan merupakan salah satu dasar dari sebuah pendidikan karakter. Kurang disiplinnya masyarakat di tengah pandemi ini, menjadi PR (Pekerjaan Rumah) bidang pendidikan tentang penanaman pendidikan karakter.

Menurut Guru Besar bidang manajemen pendidikan UMS ini, luaran dari pendidikan itu tidak hanya mencetak pekerja atau orang pintar saja. Tapi ada didalamnya terdapat transfer nilai, salah satunya yaitu transfer nilai disiplin.

“Maka kalau kita bicara kondisi kita saat ini, di semua level dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi, menurut saya persoal pendidikan kita paling mendasar adalah pendidikan karakter”. Pungkasnya. (Risqi/Humas)