Jemput Masa Depan Gemilang, Ketua IKA UMS Berikan Tips Sukses Kuliah Kepada Mahasiswa Baru

ums.ac.id, SURAKARTA – Ketua Ikatan Alumni (IKA) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) sekaligus Dewan Pengawas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan, Dr. Aditya Warman, M.BA., menyampaikan orasi kepada ribuan mahasiswa baru UMS di Gedung Edutorium UMS.

Orasi tersebut disampaikan dalam acara Expo Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) sebagai bagian dari rangkaian Masa Ta’aruf Penyambutan Mahasiswa Baru (Masta PMB) 2024 yang dilaksanakan pada Senin, (26/8).

Aditya Warman adalah salah satu alumni Program Studi Psikologi UMS yang sekarang berhasil menjadi anggota Dewan BPJS Ketenagakerjaan. Aditya menjelaskan bahwa kunci sukses pertama bukanlah kepintaran melainkan passion.

“Untuk menjadi seseorang dengan capaian prestasi dan cita-cita yang tinggi, kita tidak hanya butuh IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) tinggi, tapi juga butuh belajar di masyarakat. Kita butuh bicara dengan jelas untuk menyampaikan tujuan hidup dan passion kita,” terang Aditya.

Aditya juga menambahkan bahwa sebagai seorang mahasiswa perlu banyak berjuang untuk mencapai tujuan dan cita-cita dengan mengembangkan passion yang ada pada dirinya.

Di sela orasinya, Aditya menantang dua mahasiswa baru yang hadir pada acara tersebut untuk maju ke atas panggung dan membuat puisi dengan kata kunci “UMS Mendunia”.

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswa baru tersebut diwakili oleh satu mahasiswa putra dan satu mahasiswa putri. Mereka berhasil menjalankan tantangan yang diberikan dan mendapatkan uang tunai sebesar satu juta rupiah untuk masing-masing.

Orasi alumni tersebut ditutup dengan pembahasan berkaitan cara UMS melambungkan anak Indonesia menjemput masa depan, bukan karena uang melainkan karena baktinya kepada bangsa dan negara. (Dewi/Fika/Humas)