You are currently viewing UMS Library Corner, Perpustakaan Asyik dan Nyaman bagi Siswa
Suara Muhammadiyah

UMS Library Corner, Perpustakaan Asyik dan Nyaman bagi Siswa

SOLO, Suara Muhammadiyah – Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital Universitas Muhammadiyah Surakarta telah meresmikan Program “UMS Library Corner” di dua lokasi yaitu SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten.

Kepala Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS, Maria Husnun Nisa, S.Sos., M.A. menerangkan bahwa UMS Library Corner tersebut memiliki tujuan untuk mendorong peningkatan kerjasama antara perpustakaan UMS dan sekolah dalam kegiatan literasi, dan menghadirkan Perpustakaan UMS yang lebih dekat kepada Amal Usaha Muhammadiyah/Binaan Muhammadiyah sekaligus melakukan promosi perpustakaan sebagai tempat yang asyik dan nyaman untuk belajar.

“Selain mendorong peningkatan kerjasama dengan sekolah dalam kegiatan literasi, juga mengajak para siswa-siswi untuk memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber informasi terkait sarana pembelajaran guna meningkatkan daya intelektualitas siswa-siswi di sekolah,” ungkap Maria Husnun Nisa, Jumat (8/9).

Para siswa SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan SMP Muhammadiyah 7 Bayat Klaten sangat antusias atas hadirnya UMS Library Corner di sekolah mereka, sejak Juli lalu.

Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Dr., Rahayuningsih, S.Pd, M.Pd., yang juga beberapa kali menyandang guru berprestasi, mengatakan bahwa UMS Library Corner dapat meningkatkan semangat belajar para siswanya.

“Dengan hadirnya UMS Library Corner ini dapat membangun semangat bagi siswa-siswi di Lingkungan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dalam belajar maupun untuk mendorong literasi mereka”, ungkapnya.

Senada dengan Kepala Sekolahnya, salah satu guru di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta juga mengatakan bahwa tempat tersebut menjadi tempat nyaman untuk bersantai di kala jam istirahat.

UMS Library Corner juga memberi kenyamanan ruang baca bagi kalangan para siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta sesuai kategori literasi membaca bagi anak-anak kalangan sekolah menengah ke atas yang berprinsip mengutamakan daya intelektualitas pada anak-anak remaja yang diberikan oleh Perpustakaan UMS kepada para siswa-siswi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta.

Kepala Sekolah dari SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Haryono, S.Pd., menyampaikan kalau program kerjasama ini telah lama ditunggu.

“Program Kerjasama antara SMP Muhammadiyah 7 Bayat dengan Perpustakaan dan Pusat Layanan Digital UMS berupa program UMS Library Corner ini sudah sangat dinanti sekali, karena program ini sangat bermanfaat bagi siswa-siswi mereka,” terang Haryono.

Dia juga menambahkan, kerjasama seperti ini tidak terputus, serta sangat dinanti bentuk kerjasama lainnya di lain waktu. Selain itu, harapan dari kerjasama dengan Perpustakaan UMS ini tidak hanya membantu meningkatkan jumlah pengunjung perpustakaan dari kalangan para siswa-siswi tetapi juga bisa membantu memanfaatkan sarana dari kerjasama ini sebagai bentuk wujud pengabdian peningkatan literasi, sumber informasi dan sarana peningkatan daya intelektualitas para siswa-siswi SMP Muhammadiyah 7 Bayat, Klaten. (Maysali)

Sumber : https://suaramuhammadiyah.id/read/ums-library-corner-perpustakaan-asyik-dan-nyaman-bagi-siswa