You are currently viewing Selenggarakan Seminar Nasional Ubiquitous Computing For Better Life, Sebagai Wujud Melek Teknologi Revolusi Industri 4.0

Selenggarakan Seminar Nasional Ubiquitous Computing For Better Life, Sebagai Wujud Melek Teknologi Revolusi Industri 4.0

  • Post author:
  • Post category:Berita

Revolusi Industri 4.0 dimasa saat ini sudah sangat dirasakan oleh banyak orang, khususnya para generasi milenial. Generasi muda ditantang unutk bisa memanfaatkan kemajuan zaman sebaik-baiknya. Salah satu cara yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) Fakultas Komunikasi dan Informatika (FKI) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) untuk bersiap menghadapinya industri generasi ke empat, dengan mengadakan Seminar Nasional Ubiquitous Computing For Better Life, pada hari Rabu (14/11/2018).

“Tema pembahasan seminar kali ini dilatar belakangi dari keadaan serba digital seperti sekarang ini. Kita ingin mengenalkan ilmu smart home dan smart city yang juga cabang dari Ubiquitous computing” Ujar Muhammad Lutfi Khoirul Rohman sebagai Ketua Panitia Seminar Nasional tersebut. Lanjut mahasiswa teknik Informatika FKI UMS semester 5 tersebut berharap setiap orang harus lebih siap menghadapi kemajuan zaman dnegan mengetahui ilmu smart home dan smart city yang akan digunakan di masa depan.

Pembicara dalam seminar ini didatangkan langsung dari para praktisi dan akademisi yang sesuai dengan tema pembahasan. Pembicara pertama adalah Yopie Suryadi, founder dari Mailtarget.co yang menyampaikan materi tentang dasar-dasar Internet of Thing (IoT). Dilanjutkan pembicara kedua yaitu Widyawan, Ph.D, dosen Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Dosen Teknik Elektro UGM tersebut menjelaskan saat ini industri konvensional sudah terdisrupsi oleh industri-industri digital. “Contohya toko rental kaset VCD konvensional, sudah digeser oleh jasa rental kaset online” jelasnya.

Dia juga menyampaikan, hadirnya revolusi industri 4.0 akan mengganti jenis-jenis pekerjaan yang ada. “ 75 – 300 juta jenis pekerjaan akan berganti, dulunya ada, maka kedepan bisa tidak ada lagi. Seperti Teller Bank sudah mulai tergantikan oleh E-Banking” paparnya. Terakhir Widyawan menuturkan bahwa mahasiswa lulusan Teknik Informatika memiliki peluang bagus untuk bersaing pada revolusi industri 4.0 tersebut.

Seminar yang bertempat di Auditorium Moh. Djazman UMS ini, merupakan puncak kegiatan Parade Teknik Informatika (PARTI) tahun 2018. PARTI sendiri adalah agenda tahunan HIMATIF untuk memeriahkan hari Jadi HIMATIF FKI UMS. Saat ini organisasi Himatif UMS sudah menginjak usia 9 tahun. Selain Seminar Nasional, rangkaian acara lainnya yang sudah dilakukan adalah Lomba Animasi dan Turnamen Futsal. Sejumlah 120 peserta seminar mengikuti materi sekaligus menyaksikan penyerahan hadiah pemenang Lomba PARTI 2018.

Maulana Luki yulianto salah satu peserta dalam seminar tersebut menilai bahwa seminar nasional ini sangat bermanfaat baginya. “karena saat ini kita generasi milenial sering tergantung terhadap teknologi digital, jadi bisa menambah wawasan kita, tentang cara memanfaatkan teknologi” jelas mahasiswa teknik informatika tersebut. (Risqi)