You are currently viewing Dialog Terbuka Anies-Muhaimin Jadi Sarana Pendidikan Politik

Dialog Terbuka Anies-Muhaimin Jadi Sarana Pendidikan Politik

  • Post author:
  • Post category:Berita

ums.ac.id, SURAKARTA – Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar, Calon Presiden dan Wakil Presiden Koalisi Perubahan melakukan konferensi pers setelah mengikuti Dialog Terbuka Muhammadiyah bersama Calon Pemimpin Bangsa yang disampaikan di Gedung Edutorium KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Rabu (22/11).

Pada kesempatan tersebut, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah (PPM) Prof., Dr., K.H., Haedar Nashir, M.Si., berharap dengan adanya kegiatan ini, Indonesia akan memiliki perubahan yang baik.

“Kami harapkan adanya perubahan untuk Indonesia, selain itu kami juga berharap Indonesia kedepan adalah Indonesia yang dicita-citakan oleh pendiri bangsa,” ungkapnya.

Selain itu Ketua Umum PPM itu juga berharap Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berlandaskan pada asas Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil.

Dalam kesempatan tersebut pula, Haedar Nashir juga menyampaikan terkait Muhammadiyah sebagai organisasi non politik dan kegiatan Dialog Terbuka Muhammadiyah menjadikan masyarakat memiliki pemahaman akan Pemilu.

“Muhammadiyah sudah dikenal sebagai organisasi non politik praktis dan organisasi masyarakat-organisasi masyarakat yang lain, tidak dalam kapasitas dukung mendukung partai partai politik. Maka kami lewat cara yang bersifat keilmuan dan lewat cara yang elegan, membuka peluang masyarakat untuk tahu apa yang mereka pilih, cerdas apa yang mereka pilih dan juga bertanggung jawab dengan apa yang mereka pilih,” tegasnya.

Saat konferensi pers, Capres Pemilu 2024, Anies Baswedan menyampaikan terima kasih kepada Muhammadiyah, yang telah memberikan fasilitas yang baik.

“Terimakasih kepada PP muhammadiyah, khususnya Pak Haedar dan Pak Mu’ti yang telah memfasilitasi acara dialog seperti ini,” ungkapnya.

Selain itu, Anies menyampaikan bahwa kegiatan ini menjadikan kesempatan mereka untuk dapat menyampaikan visi dan misi yang telah dirancang kepada masyarakat.

“Kegiatan ini adalah kesempatan bagi kita semua, satu sisi kami menjelaskan apa yang menjadi rekam jejak, rekam capaian dan menjadikan visi misi dan rencana. Disisi lain bagi masyarakat kesempatan untuk melakukan penilaian, melakukan pencermatan atas apa yang kami sampaikan,” tambahnya.

Anies Baswedan berharap, dengan adanya kegiatan dialog terbuka ini menjadikan proses Pemilu 2024 penuh informasi, masyarakat dapat memilih capres-cawapres dengan pengetahuan yang lengkap tentang calon, tentang program calon yang akan dipilih, dan tentang kinerja selama ini.

“Saya bersyukur sekali dan terima kasih, acaranya luar biasa, antusias audiens nya sangat besar,” tambahnya, mengingat audiens memadati Edutorium UMS.

Muhaimin Iskandar juga menyampaikan kegiatan ini menjadikan sarana pendidikan politik masyarakat dan sharing aspirasi bagi masyarakat.

“Terima kasih kepada Pak Haedar dan keluarga Muhammadiyah. Muhammadiyah telah mendidik anak bangsa tetapi mendidik kita cerdas politik, merawat bangsa melalui Pemilu, menjaga partisipasi Pemilu, sehingga semua rakyat terlibat dan ikut menjadi bagian dari keberhasilan pemilu dan keberhasilan membentuk pemerintahan yang adil, makmur dan sejahtera di masa yang akan datang,” ungkap Cawapres Nomor Urut 1 itu. (Yunita/Humas)