You are currently viewing Selenggrakan Student Mobility, FK UMS Kirim Dokter Muda ke Malaysia

Selenggrakan Student Mobility, FK UMS Kirim Dokter Muda ke Malaysia

  • Post author:
  • Post category:Berita

Dipenghujung tahun 2019, Fakultas Kedokteran (FK) UMS menyelenggarakan International Student Mobility. Acara yang di prakarsai sejak tahun 2018 tersebut berjalan sukses dan lancar. Pada tahun sebelumnya FK UMS mengirimkan 11 orang dokter muda ke Khon Kaen University Thailand sedangkan pada tahun ini di agendakan ke Cyberjaya dan Universiti Malaya, Malaysia.

Disambut secara langsung oleh Deputy Dean (undergraduate) and Consultant Radiologist, Prof. Dr. Yang Faridah Abdul Aziz, kesembilan dokter muda dari UMS berkesempatan berdiskusi perihal sistem pendidikan kedokteran yang berlaku di Malaysia. Acara yang berlangsung pada 16-20 Desember 2019 tersebut dijadwalkan aka melalui serangkaian acara antaralain, mengunjungi sarana pembelajaran perpustakaan dan laboratorium, kunjungan teaching hospital, dan ke departement of preventive and social medicine (public health).

Pada kunjungan di teaching hospital, para dokter muda berkesempatan menyambangi salah satu teaching hospital pertama dan terbesar di Malaysia yang dimiliki oleh Universiti Malaya. Terdapat berbagai departemen di dalamnya seperti, departement rehabilitasi medik, departement sport medicine, departement primary health care, departement internal medicine, mengunjungi emergency room, unit hemodialisa, bangsal perawatan, dan poliklinik rawat jalan.

Dilanjutkan dengan berkunjung ke departement of preventive and social medicine (public health), para dokter muda disuguhkan sebuah program yang mungkin belum pernah ada di Indonesia, yakni program Silent Mentor.

Disela-sela padatnya agenda, dokter muda berkesempatan untuk berinteraksi langsung dengan mahasiswa Medical Faculty Universiti Malaya, dan mendiskusikan banyak hal mengenai isu sosial, problem pemanasan global, sistem pembelajaran dan pelayanan kesehatan di masing-masing negara. Kami juga sempat bermain game untuk mencairkan suasana.

Ditutup dengan acara terakhir adalah pelepasan terhadap rombongan FK UMS oleh Dr Nor Faizal Ahmad Bahuri, Consultant Neurosurgeon, Head of Visibility and Communication, Faculty of Medicine, Universiti Malaya. Banyak hal yang dapat diambil sebagai bahan pelajaran dan diskusi untuk pengembangan FK UMS. Kunjungan ini diharapkan mampu menambah ilmu dan wawasan bagi mahasiswa FK UMS kedepannya.