You are currently viewing Tim Robot SuryaMu UMS dapat Penghargaan dari PP Muhammadiyah Atas Karyanya Menciptakan Robot Perawat Pasien Covid-19

Tim Robot SuryaMu UMS dapat Penghargaan dari PP Muhammadiyah Atas Karyanya Menciptakan Robot Perawat Pasien Covid-19

  • Post author:
  • Post category:Berita

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menyerahkan piagam penghargaan Bakti Untuk Negeri dalam rangka Milad Muhammadiyah ke 108 kepada Tim Robot SuryaMu Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Selain itu, piagam penghargaan juga diberikan kepada RS PKU Muhammadiyah Surakarta dan Keluarga almarhum Maulana Malik Hidayatullah, perawat RS PKU Muhammadiyah Surakarta yang meninggal karena memerangi pandemi Covid-19.

Ketiga penghargaan tersebut diserahkan di Gedung Induk Siti Walidah, Kamis (17/12/2020) oleh Ketua PP Muhammadiyah Drs. H. Dahlan Rais, M.Hum, serta Bendahara PP Muhammadiyah Drs. H. Marpuji Ali, M.Si. dan wakil rektor bidang akademik Prof. Dr. Muhammad Da’i, M.Si., Apt.

Dahlan Rais menyebutkan penghargaan tersebut diberikan kepada beberapa lembaga maupun perorangan di seluruh Indonesia. Sebelumnya penerima penghargaan telah diumumkan saat resepsi Milad Muhammadiyah 18 November 2020 yang lalu.

“Ini sebagai ucapan terimakasih dari Muhammadiyah. Muhammadiyah merasa berhutang budi dan menghargai pengorbanan dan prestasi yang telah diberikan untuk negeri ini. Ini untuk memelihara semangat berbuat baik,” ucap Dahlan Rais.

Mereka, lanjut Dahlan, telah berkhidmat di Muhammadiyah dan telah menebarkan manfaat kepada banyak orang. Menurutnya, kebermanfaatan itulah yang membuat Muhammadiyah masih eksis hingga usia 108 tahun. “Seperti penggalan ayat yang ada di Al-Qur’an, Adapun sesuatu yang tidak bermanfaat akan mudah lenyap, adapun sesuatu yang memberikan manfaat bagi manusia, akan tetap ada di muka bumi,” jelas Ketua PP Muhammadiyah itu.

Lebih lanjut Dahlan Rais menyampaikan jika selama ini Muhammadiyah selalu menolong siapa saja tanpa pandang bulu. Misi kemanusiaan Muhammadiyah juga terbukti nyata dalam ikut memerangi pandemi Covid-19.

“Memberikan manfaat ini mungkin yang menjadi alasan kenapa Muhammadiyah masih tetap eksis di umur yang ke 108. Seperti penangan Covid Muhammadiyah tidak pernah pandang bulu. Ke siapa saja, semata-mata hanya untuk kemanusiaan,” tegas Dahlan.

Ketiga penerima penghargaan telah memberikan baktinya untuk negeri. Tak kecuali tim robot UMS yang berhasil menciptakan sebuah robot untuk merawat pasien Covid-19. Robot “SuryaMu” sendiri dilaunching oleh Rektor UMS, Prof Dr Sofyan Anif pada Sabtu, 10 Oktober 2020 lalu. Kemudian, Robot karya anak bangsa tersebut disumbangkan ke RS PKU Muhammadiyah Surakarta untuk digunakan sebagaimana fungsi robot SuryaMu. (Risqi/Humas)