Pondok Shabran UMS Mewisuda 26 Kader Terbaik di Kantor PP Muhammadiyah Yogyakarta

JOGJA, MUHAMMADIYAHSOLO.COM-Wisuda Pondok dan Pembekalan Purnastudi bagi mahasantri yang telah duduk di semester 8 telah menjadi agenda rutin bagi Pondok Shabran Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Pada tahun 2024 ini, Pondok Shabran UMS mewisuda mahasantri angkatan 2020 yang berjumlah 26 orang di Aula Kantor Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Yogyakarta, Jalan Cik Ditiro Yogyakarta, Sabtu (11/5/2024).

Kader-kader Pondok Shabran tersebut merupakan mahasiswa Fakultas Agama Islam UMS yang tersebar di tiga program studi, yaitu Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Pendidikan Agama Islam, dan Hukum Ekonomi Syariah. Acara dibuka dengan sambutan Direktur Pondok Shabran UMS, Nur Rizqi Febriandika, dilanjutkan dengan materi pertama sekaligus untuk pembekalan yang disampaikan oleh Ketua PP Muhammadiyah, Agus Taufiqurrahman. Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan materi tentang Profil Kader dan Peran untuk Dakwah Pencerahan Universal. “Alumni pendidikan Muhammadiyah yang disampaikan Pak AR [A.R. Fachruddin, mantan Ketua PP Muhammadiyah] yang harus memiliki tiga kepribadian. Pertama moralitas dan nilai-nilai spiritual. Kedua, keilmuan yang memadai. Ketiga, yaitu kemanusiaan,” paparnya.

Daerah 3 T

Materi kedua yang disampaikan Ketua Majelis Tabligh PP Muhammadiyah, K. H. Faturrahman Kamal, yang membahas Manhaj dan Fikih Dakwah Jam’iyyah al-Muhammadiyah. “Manhaj dakwah ini menjadi penting karena hal yang pokok untuk dipahami para pendakwah,” ungkapnya.

Materi terakhir yaitu Pembekalan Da’i Pengabdian Dakwah Komunitas sebagai bekal mahasantri yang akan melakukan pengabdian, terlebih di daerah 3 T (tertinggal, terdepan dan terluar). Pembekalan tersebut disampaikan oleh Kamarul Zaman, dari Lembaga Dakwah Komunitas (LDK) PP Muhammadiyah. “Pondok Shabran yang lalu pengabdian di pondok-pondok dan sekolah-sekolah, sekarang kami fokuskan dai-dai pengabdian Shabran ke daerah 3 T,” penjelasan Kamarul.

Sebelum acara pewisudaaan, dilakukan sharing bersama mengenai pengabdian mahasantri oleh Direktur Pondok Shabran UMS dan LDK PP Muhammadiyah. Sebagai puncak acara yaitu proses wisuda yang dilakukan langsung oleh Wakil Rektor IV UMS, Prof. Em Sutrisna, dan Nur Rizqi Febriandika. Mahasantri maju satu persatu kemudian menerima Ijazah Pondok Shabran. Mereka mendapatkan ucapan selamat dari peserta undangan yang hadir.

Acara ditutup dengan foto bersama, dan kembali pulang menuju Pondok Shabran UMS.

Sumber: https://muhammadiyahsolo.com/20240513/pondok-shabran-ums-mewisuda-26-kader-terbaik-di-kantor-pp-muhammadiyah-yogyakarta-5812